Pilkada 2018

Berdasar Hitung Cepat, Ganjar-Yasin Raih 62,58 Persen di Kota Pekalongan

Berdasar hitung cepat, Pasangan calon nomor 1 Ganjar Pranomo Taj Yasin memperoleh suara 62,58 persen di Kota Pekalongan.

Berdasar Hitung Cepat, Ganjar-Yasin Raih 62,58 Persen di Kota Pekalongan
tribunjateng/budi susanto
Petugas KPU Kota Pekalongan saat melakukan perhitungan cepat dalam gelaran Pilgub 2018 di aula Kantor KPU Kota Pekalongan, Rabu (27/6/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Berdasar hitung cepat, Pasangan calon nomor 1 Ganjar Pranomo Taj Yasin memperoleh suara 62,58 persen di tingkat Kota Pekalongan.

Sedangkan pasangan calon momor 2 Sudirman Said Ida Fauziyah mendapatkan 37,42 persen.

Hal tersebut diterangkan oleh Edi Haryoso Divisi Teknis KPU Kota Pekalongan.

"Paslon nomor satu menang dengan selisih cukup banyak. Namun ini baru data sementara, data resmi nanti akan dilakukan secara berjenjang di tahapan rekapitulasi, tanggal 5 Juli di tingkat KPU Jateng," jelasnya, Rabu (27/6/2018) petang.

Terkait tingkat partisipasi masyarakat Kota Pekalongan dalam Pilgub, Edi menjelaskan ada pingkatan yang signifikan.

"Pilgub beberapa tahun lalu partipasi masyarakat 47,73 persen namun dalam Pilgub tahun ini meningkat jadi 62,4 persen," paparnya.

Ia berharap peningkatan partisipasi juga akan terjadi saat Pilpres mendatang.

"Pilgub kali ini sebagai bahan pembelajaran untuk Pilpres mendatang, karena Pilpres akan menggunakan surat suara terbesar sepanjang proses Pemilu di Indonesia," imbuhnya.

Adapun menurut pihaknya, surat suara yang digunakan akan berukuran selebar koran yang awalnya hanya berukuran kertas folio.

"Karena Pilpres digabungkan dengan pemilihan DPD, DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota. Saat ini hanya satu surat suara yang lebarnya satu kertas folio mamun dalam Pilpres mendatang akan ada kertas suara terbesar karena ada lima surat suara yang satu surat suara lebarnya selembar koran, yang memuat sejumlah anggota DPD bersama potonya dan partai pilitik di setiap Dapil untuk tiga tingkatan serta ada kertas suara untuk Pilpres," timpalnya. (*)

Penulis: budi susanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved