KPK Gelar Film Festival, Ini Yang Akan Didapat Oleh Peserta Terbaik

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar Anti-Corruption Film Festival

KPK Gelar Film Festival, Ini Yang Akan Didapat Oleh Peserta Terbaik
tribunjateng/m sofri kurniawan
Saut Situmorang ngamen antikorupsi di Stasiun Tawang bareng Didi Kempot 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar Anti-Corruption Film Festival. Melalui kegiatan tersebut, mereka ingin mengajak masyarakat mendorong kegiatan anti korupsi melalui media film sebagai alat penyampai pesan.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyebut memberantas korupsi memang tidak melulu harus dilakukan dengan cara represif. Melalui ide dan gagasan yang dituangkan dalam film menurutnya akan lebih efektif menjangkau berbagai kalangan masyarakat.

Dalam tahap awal, para peserta hanya diminta untuk mengirimkan ide cerita film pendek. Pendaftaran dang pengumpulan itu dimulai pada tanggal 28 Juni hingga 20 Agustus 2018.

Setelah itu, sebanyak tujuh ide cerita yang dinilai juri paling bagus nantinya akan mendapat kesempatan dana bantuan produksi sebesar Rp 20 juta. 7 penukis skenario yang terpilih juga berhak mengikuti movie camp selama tiga hari.

Mereka akan mendapatkan materi pelatihan membuat film dari orang profesional. Mendapat fasilitas online editing di Jakarta, hingga pendampingan mentor.

"Kami sangat berharap akan ada banyak ide kreatif yang masuk, karena akan terlihat sebagai dukungan terhadap pemberantasan korupsi," terang Saut, seperti dikutip dalam press release yang dikirim KPK ke Tribun Jateng, Kamis (28/6/2018).

Karya dalam bentuk skenario tersebut nanti akan dipilah oleh tiga juri yakni penulis skenario film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, Jujur Pranoto. Juri lain adalah Kamila Andini dan satu orang dari perwakilan KPK.

Setelah terpilih, para pembuat film akan diberi waktu selama periode Agustus-November 2018.

Karya mereka kemudian akan diputar selama dua hari dan ditutup dalam Malam Penganugrahan Anti-Corruption Film Festival di Jakarta pada November Mendatang.

Persyaratan dan proposal dan dilihat di laman resmi KPK. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved