Breaking News:

Piala Dunia 2018

Siapa Bilang Biaya Kencing di Indonesia Mahal? Di Moskow Sekali Kencing Bayar Rp 9.000 Choi!

Kalau dibandingkan dengan apa yang saya alami di Moskow, Senin (25/6) mungkin orang-orang Indonesia bisa merasa beruntung.

(PA/ GETTY VIA BBC INDONESIA) 

Laporan wartawan Tribun Deodatus Pradipto dari Moskow

TRIBUNJATENG.COM - Orang Indonesia sering mengeluh soal biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan toilet umum, terutama di beberapa tempat seperti SPBU. Untuk urusan buang hajat, kadang kita keberatan harus membayar Rp 1.000,- sampai Rp 2.000,-.

Kalau dibandingkan dengan apa yang saya alami di Moskow, Senin (25/6) mungkin orang-orang Indonesia bisa merasa beruntung. Jumlah uang yang mereka keluarkan selama ini ternyata tidak demikian besar. Ya, saya harus membayar 40 rubel, sekitar Rp 9.000,- hanya untuk buang air kecil.

Saya mengalami hal ini setelah selesai melihat keindahan stasiun Metro Komsomolskaya, Moskow. Setelah puas memotret dan merekam video, saya mendapat panggilan alam, yaitu buang air kecil.

Saya tak menemukan toilet di dalam maupun di luar stasiun. Di sekeiling stasiun juga tidak terlihat adanya toilet sama sekali.

Di seberang stasiun ada sebuah pusat perbelanjaan. Saya berasumsi di sana ada toilet. Saya mengambil langkah seribu mencari toilet karena panggilan alam ini terasa makin intens.

Tidak mudah untuk menemukan toilet ini. Lokasi terletak di pojok lantai dasar pusat perbelanjaan.

Saat mendekati lokasi toilet, saya terkejut. Ada seorang perempuan duduk di balik sebuah meja. Di meja itu tertulis keterangan tarif menggunakan toilet adalah 40 rubel.

Saya dalam kondisi harus segera buang air kecil saat merogoh saku celana mencari uang. Gawat, di saku celana tak ada. Di dompet pecahan rubel yang ada tinggal ribuan. Saya sampai harus mencari di tas kecil yang memang saya gunakan untuk meletakkan uang koin.

Saya berusaha menunjukkan rasa tidak nyaman karena harus segera buang air kecil lewat mimik wajah ke perempuan penjaga toilet itu. Bagaimana responsnya? Dingin. Dia berdiri mematung tanpa mempersilakan saya masuk ke toilet lebih dulu lalu membayar setelah menggunakan toilet.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved