Tidur Kurang dari 5 Jam Sehari dalam Seminggu Berturut-turut Berbahaya

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, tidur kurang dari 5 jam dalam sehari selama seminggu berturut-turut akan mengancam jiwa Anda.

Tidur Kurang dari 5 Jam Sehari dalam Seminggu Berturut-turut Berbahaya
Ilustrasi tidur nyenyak(AntonioGuillem) 

TRIBUNJATENG.COM - Banyak orang merekomendasikan untuk tidur malam setidaknya 8 jam agar tubuh tetap prima dan panjang umur, tetapi ternyata faktanya tidak demikian. Menurut ahli, kita butuh tidur selama 8,5 jam.

Dalam wawancara dengan Quartz, Dr Daniel Gartenberg dari Universitas Negeri Penn, mengungkapkan, ada kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat tentang masalah tidur, termasuk masalah tidur siang.

Menurut catatan Gartenberg, untuk mendapatkan tidur malam yang sehat 8 jam kita harus memperpanjang waktu di tempat tidur kita, yaitu menjadi 8,5 jam dan bukan 8 jam.

"Seorang profesor bernama Orfeu Buxton, yang menjadi rekan saya di Universitas Penn, mengatakan bahwa 8,5 jam tidur adalah delapan jam yang baru," katanya, dikutip dari Iflscience, Rabu (27/6/2018).

“Untuk mendapatkan tidur 8 jam yang sehat itu, yang merupakan jumlah tidur yang paling banyak orang lakukan, Anda perlu berada di tempat tidur selama 8,5 jam," tambahnya.

“Dalam kajian umum, dijelaskan bahwa tidur yang sehat ternyata menghabiskan lebih dari 90 persen waktu kita selama di tempat tidur.

Artinya, jika Anda berada di tempat tidur selama delapan jam, sebetulnya Anda hanya benar-benar tidur sehat selama 7,2 jam,” katanya lagi.

Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal, misalnya sebelum tidur kebanyakan dari kita bermain telepon genggam atau perangkat lainnya.

Seperti diketahui, sinar layar smartphone menggangu kualitas tidur kita.

Sementara itu, berdasarkan data dari National Health Service (NHS) di Inggris, kebiasaan tidur yang buruk akan membuat Anda rentan mengalami masalah jantung, diabetes dan membuat umur kita lebih pendek.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved