Dinkop UMKM Kota Semarang akan Kenalkan Produk UMKM di Even MXGP

Dinkop UMKM Kota Semarang akan Kenalkan Produk UMKM di Even MXGP di Mijen 6-8 Juli 2018

Dinkop UMKM Kota Semarang akan Kenalkan Produk UMKM di Even MXGP
tribunjateng/dok
Dinkop UMKM Kota Semarang akan Kenalkan Produk UMKM di Even MXGP. Even ini akan berlangsung 6-8 Juli 2018 di sirkuit Mijen 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop UMKM) Kota Semarang bakal memanfaatkan momen even MXGP yang akan digelar 6-8 Juli di Mijen untuk suguhkan berbagai produk UMKM Kota Semarang.

Kepala Dinkop UMKM Kota Semarang, Litani Satyawati mengatakan, even MXGP menjadi momen penting untuk memperkenalkan produk UMKM Kota Semarang. Beberapa produk UMKM yang akan ditampilkan di antaranya kaus, topi serta makanan dan minuman.

"Sebenarnya kami mau menampilkan semuanya, tapi kan harus disesuaikan dengan temanya. Kalau pada gelaran itu, saya rasa produk fashion dan kuliner yang sesuai. Utamanya produk batik, tentunya bukan batik tulis," kata Litani, Minggu (1/7/2018).

Ia menuturkan, siap mendatangkan banyak pelaku UMKM di Kota Semarang untuk ikut meramaikan even MXGP. Hanya saja, ia mempertimbangkan masalah tempat yang terbatas. Sehingga ia harus berkoordinasi lebih lanjut dengan dinas lain di antaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan lainnya.

Ia belum bisa menyebutkan berapa UMKM yang bakal diterjunkan. Namun yang jelas, Dinkop UMKM siap melibatkan UMKM sebanyak-banyaknya.

"Sehingga harus koordinasi dengan dinas lain. Kami siapkan banyak kan juga harus mempertimbangkan tempat yang ada," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, gelaran MXGP akan menyedot ribuan wisatawan ke kota Lunpia. Dikatakannya, satu tim peserta MXGP bisa membawa hingga ratusan orang. Padahal, sedikitnya akan ada sekitar 12 tim yang akan mengikuti gelaran akbar itu.

"Kalau masing-masing tim bawa 100 orang berarti ada 1.200 tamu," kata Hendi, sapaan Hendrar Prihadi.

Hendi menambahkan, pada dasarnya Semarang sudah siap sebagai tuan rumah gelaran bergengsi ini. Semua sudah dikoordinasikan dengan sejumlah pihak terkait sehingga gelaran MXGP seri ke-13 berjalan lancar.

Untuk tamu dari luar negeri, baik peserta, panitia, maupun umum, ia menyebutkan sudah disiapkan sebanyak 50 hotel dengan kapasitas sekitar 4.000 kamar untuk tempat menginap yang nyaman.

"Kami juga siapkan perjalanan wisata, seperti kunjungan ke destinasi-destinasi wisata di Semarang. Ini kan momentum yang baik untuk mengangkat sektor pariwisata Kota Semarang," ujarnya.

Meski even MXGP 2018 di Semarang hanya berlangsung selama tiga hari, yakni 6-8 Juli 2018, Hendi mengatakan rombongan dari masing-masing tim akan tinggal sekitar seminggu di kota ini.

"Makanya, kami akan maksimalkan promosi menarik di Kota Semarang untuk mereka kunjungi. Sebagai tuan rumah, tentunya kami harus menjamu tamu yang datang agar nyaman dan terkesan," pungkasnya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved