Kendal Beribadat

Ribuan Calon Haji Kendal Ikuti Bimbingan Manasik Haji

Pemerintah Kabupaten Kendal bakal memberangkatkan 1.086 calon jamaah haji ke Mekah.

Ribuan Calon Haji Kendal Ikuti Bimbingan Manasik Haji
ISTIMEWA
Pemerintah Kabupaten Kendal bakal memberangkatkan 1.086 calon jamaah haji ke Mekah. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kendal pada tahun 2018 ( 1439 H ) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kendal bakal memberangkatkan 1.086 calon jamaah haji ke Mekah.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kendal Drs. H. Saerozi, M.Si, Senin (2/7/2018) di Pendopo Pemkab dalam kegiatan Bimbingan Manasik I Tingkat Kabupaten Jama’ah Calon Haji Kabupaten Kendal Tahun 1439 Hijriyah.

Menurut Saerozi, Kegiatan tersebut merupakan persiapan bagi para calon jamaah haji yang berangkat pada tahun 2018.

Penyelenggaraan didasarkan pada UU No 18 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Sementara maksud dan tujuan kegiatan yaitu untuk memberikan pemahaman pada calon jamaah haji Kabupaten kendal tahun 2018 tentang kebijakan Pemerintah dalam penyelengaraan ibadah haji, untuk memberikan ionformasi mengenai manasik haji baik mengenai untuk memberikan bekal tentang penyelenggaraan ibadah haji,

memberikan keterampilan dan kemampuan tentang pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan buku manasik haji, memberikan pengetahuan, kemampuan tata cara kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji, serta memberikan informasi, gambaran situasi dan kondisi yang akan dan kemungkinan terjadi baik selama di perjalanan ataupun selama di tanah suci dan dalam rangka membentuk jamaah calon haji yang istitho’ah dan mandiri.

Sementara Wakil Bupati Kendal ,Drs. Maskur Masyrur mewakili Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si mengatakan, jamaah calon haji yang telah siap berangkat ke tanah suci Mekah dapat mengkondisikan diri dengan cara melatih kesabaran, meluruskan niat karena Allah, disiplin mengatur waktu dan menjaga kesehatan dengan menjaga pola makan serta istirahat yang cukup. 

"Karena dengan kesabaran dan niat yang ikhlas serta ilmu dan bekal yang cukup merupakan kunci menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Aamiin," jelas Wabub Masrur.

Pada kesempatan tersebut, Masrur berpesan supaya para jama’ah calon haji Kabupaten Kendal dapat mengikuti kegiatan manasik haji ini dengan baik dan sungguh-sungguh, karena pelaksanaan manasik ini, sangat penting dan bermanfaat bagi jama’ah calon haji, untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan Syariat Islam serta proses perjalanan haji.

Sehingga nanti para jama’ah calon haji, agar lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan Ibadah Haji di tanah suci.

Halaman
12
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved