Breaking News:

Resmikan Kantor Pendaftaran Haji Terpadu, Mundjirin: Sekarang Tidak Perlu Bolak-balik

Kasihan calon jemaah yang sudah berusia lanjut harus bolak-balik selama empat kali, kemudian dikurangi dua kali

Penulis: ponco wiyono | Editor: muslimah
Tribunjateng.com/Ponco Wiyono
Bupati Kabupaten Semarang Mundjirin menyapa seorang petugas di kantor Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap saat peresmian gedung yang berada di komplek kantor Kementerian Agama setempat pada Selasa (3/7/2018) 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, KAB. SEMARANG - Kabupaten Semarang kini memiliki kantor Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap sendiri.

Bupati Mundjirin saat peresmian gedung yang berada di komplek kantor Kementerian Agama setempat pada Selasa (3/7/2018) menyampaikan, masyarakat kini tidak perlu repo-repot mengurus pendaftaran berulang kali dan berharap keberadaan kantor akan memudahkan mereka mewujdukan rencana beribadah haji.

"Kabupaten Semarang itu luas, dari Ungaran ke Kaliwungu itu 50 km sampai 60 km, sementara ke Sumowono itu 40 km. Kasihan calon jemaah yang sudah berusia lanjut harus bolak-balik selama empat kali, kemudian dikurangi dua kali," terang Mundjirin.

Pemkab sendiri disebut Mundjirin tidak akan memberikan layanan pendampingan ibadah haji untuk tahun ini. Hal itu teungkap dalam APBD Perubahan 2 tahun ini yang tidak menganggarkan biaya pendampingan haji.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Peyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah, Sholikhin, mengatakan secara keseluruhan di Jateng sudah ada 25 kantor PPHSA dari kabupaten kota, termasuk di Kabupaten Jepara dan Semarang.

"Semuanya sudah didorong agar meyiapkan layanan semacam PTSP. Nanti juga buka kesepakatan dengan beberapa bank tergantung pemerintah masing-masing, sehingga calon jemaah haji tinggal datang membawa keterangan puskesmas dan kecamatan dan sehari itu sudah dapat nomor antrean untuk haji," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved