Sudah Belasan Penumpang KM Lestari Kandas di Perairan Selayar Meninggal

Sudah Belasan Penumpang KM Lestari di Perairan Selayar Meninggal. Sementara ratusan masih dicari

Sudah Belasan Penumpang KM Lestari Kandas di Perairan Selayar Meninggal
ist
Sekitar 139 penumpang dan 20-an awak KM Lestari Maju masih dalam proses penyelamatan setelah kapal yang juga membawa puluhan kendaraaan tersebut mengalami kerusakan dan kandas di karang di kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018). 

TRIBUNJATENG.COM - Sekitar 139 penumpang dan 20-an awak KM Lestari Maju masih dalam proses penyelamatan setelah kapal yang juga membawa puluhan kendaraaan tersebut mengalami kerusakan dan kandas di karang di kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018).

"Tadi pagi jam 10.00, KM Lestari Maju dari pelabuhan Bira menuju pelabuhan Pamatata, Selayar mengalami kerusakan kapal, mesin dan lampunya bocor sekitar pukul 13.00. Sehingga nakhoda berinisiatif untuk mendaratkan di pulau sekitar situ, namun kapal kandas di karang," kata Kapolres Selayar, AKBP Syamsu Ridwan.

"Kita lagi fokus untuk mengevakuasi penumpang, memindahkan kapal yang tadi kandas itu, untuk penumpangnya dibawa ke daratan. Namun memang untuk proses evakuasi atau pemindahan penumpang ini kita mengalami kendala karena cuaca buruk dan juga gelombang sekitar dua sampai dua setengah meter," kata Syamsu.

Masih belum diketahui secara pasti jumlah penumpang yang selamat dan hilang secara keseluruhan, serta apakah terdapat penumpang ataupun barang lain yang tidak tercantum pada manifes dari Bulukumba.

Tetapi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan menyatakan sebagian penumpang telah berhasil dievakuasi sedangkan sebagian lagi masih berada di atas kapal.

Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari nakhoda dibantu awak kapal.

Sementara Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan menyebutkan belasan orang sudah dinyatakan meninggal dunia.

Penyebab kerusakan mesin KM Lestari Maju yang sedang melakukan rute reguler masih belum diketahui, tetapi kapal ini terbawa arus saat cuaca buruk melanda dan menyebabkan gelombang setinggi beberapa meter.

Pada tahun 2018, sudah terjadi dua kali kejadian serupa di perairan Kepulauan Selayar dengan kondisi cuaca buruk dengan gelombang tinggi. (bbc)

Editor: iswidodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved