KPU Solo Buka Pendaftaran Caleg

Di hari pertama, belum ada satu partai politik pun yang mendaftarkan calonnya melalui sistem informasi pencalonan (Silon) milik KPU

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - KPU Solo buka pendaftaran calon anggota legislatif (Caleg), Rabu (4/7/2018). Adapun lendaftaran ini berlangsung hingga 17 Juli 2018 mendatang.

Di hari pertama, belum ada satu partai politik pun yang mendaftarkan calonnya melalui sistem informasi pencalonan (Silon) milik KPU.

Ketua KPU Kota Solo, Agus Sulistiyo menjelaskan, untuk pendaftaran Caleg kali ini berbeda dengan pendaftaran sebelum-sebelumnya. Sebelumnya Caleg yang datang sendiri ke KPU dan mendaftarkan diri.

Tetapi untuk kali ini, parpol harus mengajukan berkas Caleg yang akan didaftarkannya melalui Silon.

"Setelah itu baru kemudian berkas dimasukkan ke KPU sebagai Caleg," ujarnya.

Agus pun menjelaskan, perbedaan sistem pendaftaran ini cukup signifikan. Untuk pendaftaran Caleg pun saat ini prosesnya dibalik. Menurutnya pada pendaftaran tahun-tahun sebelumnya proses pendaftaran dimulai dari Caleg yang mendaftar ke KPU.

"Parpol sudah bisa mendaftarkan sejak 30 hari sebelumnya. Akan ada proses mengganti dan sebagainya. Pendaftaran Caleg kali ini mekanismenya mirip dengan pendaftaran Parpol," ujar dia.

Disinggung terkait Caleg yang saat ini telah mendaftar, Agus mengatakan sampai saat ini belum ada satu Parpol pun yang mendaftarkan Calegnya melalui Silon. Pendaftaran ini menurutnya akan dilakukan oleh Parpol beberapa hari setelah dibukanya pendaftaran.

"Ada beberapa parpol yang melakukan sejumlah seremonial tertentu sebelum mendaftar," kata Agus. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved