Gunawan: Infrastruktur Pelabuhan Kartini Jepara Minim

General Manager PT ASDP Kantor Cabang Jepara, Gunawan mengatakan, selain minimnya navigasi penerangan di pelabuhan

Gunawan: Infrastruktur Pelabuhan Kartini Jepara Minim
TRIBUNJATENG/RIFQI GOZALI
Sejumlah penumpang turun dari KMP Siginjai di Pelabuhan Kartini Jepara, Kamis (5/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Infrastruktur di Pelabuhan Kartini Jepara masih tergolong minim. Misalnya saja navigasi penerangan di pelabuhan.

Hal tersebut menyebabkan kapal tidak berani beroperasi baik menurunkan maupun mengangkut penumpang saat malam hari.

General Manager PT ASDP Kantor Cabang Jepara, Gunawan mengatakan, selain minimnya navigasi penerangan di pelabuhan, dangkalnya pelabuhan turut menjadi penyebab.

"Kedalaman pelabuhan juga maaih kurang. Saat kapal hendak berangkat, airnya berubah menjadi keruh, hal ini bisa memengaruhi kinerja mesin kapal. Karena mesin kapal butuh air pendinginan," kata Gunawan, Kamis (5/7/2018).

Pelabuhan yang menjadi satu-satunya akses penyeberangan dari Jepara menuju Kepulauan Karimunjawa itu juga masih belum dilengkapi pintu khusus antara penumpang. Tak jarang petugas kewalahan mengatur naik turunnya antara penumpang dan barang.

Dua kapal penumpang yang rutin menyeberang ke Karimunjawa melalui pelabuhan ini yakni KMP Siginjai dan Kapal Express Bahari. Selain itu, kapal milik nelayan yang angkut barang ke Karimunjawa juga bersandar di pelabuhan ini.

"Jadi tidak jelas, mana penumpang mana tenaga angkut. Penumpang harus bergantian saat hendak naik maupun turun kapal dengan kendaraan dan barang," katanya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Perhubungan Deni Hendarko mengatakan, pihaknya telah mengusulkan untuk peningkatan infrastruktur penunjang di Pelabuhan Kartini setiap tahunnya.

Tahun ini misalnya, pihaknya mengusulkan penambahan area parkir kendaraan dan area ruang tunggu penumpang.

"Tahun depan usulan lampu penerangan. Untuk standar minimal memang pelabuhan sudah, tapi setiap tahun kami akan tetap mengusulkan untuk agar infrastruktur penunjang di pelabuhan lebih optimal," kata Deni. (*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved