Tribun Community

Komunitas Lentera Nusantara Berbagi Buku: Kami Sebar Perpustakaan Mini di Berbagai Daerah

Perkembangan zaman yang serba digital, memberikan tantangan tersendiri bagi buku bacaan yang kini mulai ditinggalkan generasi muda.

Komunitas Lentera Nusantara Berbagi Buku: Kami Sebar Perpustakaan Mini di Berbagai Daerah
Tribun Jateng

TRIBUNJATENG.COM - Perkembangan zaman yang serba digital, memberikan tantangan tersendiri bagi buku bacaan yang kini mulai ditinggalkan generasi muda.

Untuk meningkatkan minat baca tersebut, terbentuklah Komunitas Lensa Nusantara (Lensa).

Komunitas Lensa ini digagas lima orang mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro ‎sejak 2012 lalu. ‎Melalui program awal one person one book, kemudian mengajak semua orang bisa memberikan satu buku untuk disumbangsihkan bagi anak-anak.

Kegiatan positif tersebut yang menarik sejumlah relawan, satu di antaranya Muhammad Toriq, mahasiswa Unnes Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan tahun 2013 ‎yang belum lama ini telah lulus.

Toriq yang masih aktif dalam kegiatan Komunitas Lensa itu saat ini bertugas melakukan penggalangan dana.

Setiap kali meluncurkan program untuk membantu membuat perpustakaan, dibutuhkan donatur buku. Beruntung, banyak toko buku seperti Toga Mas dan Gramedia yang ikut membantu menyukseskan kegiatannya.

"Donasi buku kami butuhkan, tetapi selain itu juga kami membutuhkan uang untuk memudahkan koneksi kami dengan teman-teman lainnya dalam mengumpulkan buku-buku ini," ujar dia.

Dia mengatakan, untuk mendukung minat baca pihaknya juga bekerjasama dengan komunitas lainnya yang membutuhkan buku. Saat ini, Lentera Nusantara sudah mengembangkan 12 perpustakaan mini bagi komunitas yang juga peduli untuk meningkatkan minat baca anak.

Perpustakaan tersebut tersebar di Semarang, Banyumas, Demak, Kepulauan Rupat, Salatiga, Rembang, Kabupaten Rembang, dan Desa Sasak Kota Tangerang.

"Perpustakaan itu biasanya pengajuan dari komunitas ke kami, dan yang lolos screening akan mendapat perpustakaaan. Kemudian kami akan mengirimkan buku dan raknya," jelas dia.

Halaman
12
Penulis: rika irawati
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved