Tribun Campus

200 Mahasiswa Sistem Informasi USM Tanam Bakau di Mangunharjo

Agusta Praba Ristadi Pinem yang mendampingi kegiatan tersebut mengungkapkan, tema kegiatan itu adalah Menghalau Abrasi dengan Tanam Bakal.

Penulis: deni setiawan | Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
Sebanyak 200 mahasiswa Sistem Informasi Universitas Semarang (USM) menggelar penanaman bakau di pesisir Pantai Mangunharjo Kota Semarang, Sabtu (7/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 200 mahasiswa Sistem Informasi Universitas Semarang (USM) menggelar penanaman bakau di pesisir Pantai Mangunharjo Kota Semarang, Sabtu (7/7/2018).

Dosen Sistem Informasi USM Agusta Praba Ristadi Pinem yang mendampingi kegiatan tersebut mengungkapkan, tema kegiatan itu adalah Menghalau Abrasi dengan Tanam Bakal. Selain mahasiswa, turut serta yang dilibatkan adalah masyarakat setempat serta PT Djarum Tress for Life.

“Saat ini tidak banyak masyarakat Indonesia yang peduli terhadap alam. Salah satu contohnya adalah meningkatnya tingkat kerusakan cagar alam dan maraknya bencanya karena ulah manusia,” beber Agusta.

Karena itu, USM melakukan suatu kegiatan menanam bakau tersebut. Itu adalah bagian dari pengabdian terhadap masyarakat. Harapan lain dari kegiatan tersebut, diharapkan bisa semakin meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa USM terhadap kondisi lingkungan terutama dalam menjaga ekosistem pantai.

Sururi, warga Mangunharjo Kota Semarang sekaligus pegiat lingkungan tersebut pun berterima kasih dari kegiatan yang dilaksanakan USM tersebut. Dimintanya, kegiatan itu tidak hanya sekali, tetapi bisa terus menerus.

“Dari kegiatan mereka sangat membantu kami dalam mengurangi tingkat abrasi di sekitar bibir pantai sehingga tidak mudah terjadi banjir, menjaga lingkungan, dan ekosistem laut agar tidak rusak, serta tumbuhnya rasa kepeduliaan generasi muda terhadap lingkungan,” tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved