Seleksi Masuk PTN

Peserta Ujian Mandiri di Undip Meningkat 25 Persen, Persaingan PTS Makin Ketat

Persaingan perguruan tinggi untuk mendapatkan mahasiswa baru kini semakin ketat. Hal itu dipaparkan Rektor Universitas PGRI

Peserta Ujian Mandiri di Undip Meningkat 25 Persen, Persaingan PTS Makin Ketat
TRIBUNJATENG/RIVAL ALMANAF
Seorang mahasiswa memenangkan undian sepeda motor dalam jalan sehat di GOR Universitas PGRI Semarang, Minggu (15/7/2018). Tribun Jateng/ Rival Almanaf 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Persaingan perguruan tinggi untuk mendapatkan mahasiswa baru kini semakin ketat. Hal itu dipaparkan Rektor Universitas PGRI Semarang, Dr Muhdi, Minggu (15/7/2018).

Ia melihat jumlah perguruan tinggi yang semakin banyak dibarengi dengan perkembangan program studi adalah faktor utama yang meningkatkan persaingan semakin ketat.

"Di lain sisi, ternyata realitasnya tidak semua siswa lulusan SMA berminat untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi faktor ekonomi salah satu pemicunya," terang Muhdi seusai membuka kegiatan jalan sehat dosen dan karyawan.

Ia menambahkan, keberadaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang meningkatkan kuota mahasiswanya juga menjadi faktor lain. Meski demikian ia tidak serta merta menyalahkan PTN.

"Pemerintah ingin meningkatkan angka partisipasi ke perguruan tinggi, tentu yang digenjot pertama adalah PTN, kini tinggal bagaimana kami meningkatkan pelayanan, karena menurut saya hal itu yang akan membedakan," tandas Muhdi.

Menurutnya kini semua perguruan tinggi swasta harus mengubah mindsetnya tentang beberapa hal.

"Pertama kini perguruan tinggi harus mengikuti tuntutan untuk melaksanakan pembelajaran dengan lebih inovatif lagi. Dengan menyelenggarakan pendidikan secara digital atau online misalnya," bebernya.

Selain itu, untuk bisa bersaing kini menurutnya perguruan tinggi juga dituntut kreatifitasnya, inovasinya untuk berhasil mencipta berbagai temuan yang bermanfaat.

"Dan yang terakhir jangan lupa bahwa anak-anak yang kita didik akan berhadapan dengan keadaan harus siap bekerja tidak sesuai dengan apa yang dia bayangkan. Sehingga mereka harus dibekali lebih, tidak hanya keterampilan atau skillnya, tapi juga karakternya," tegasnya.

Terpisah, Menristek Dikti M Nasir saat meninjau pelaksanaan Ujian Mandiri di Undip, menyebut bahwa peserta ujian mandiri di universitas tersebut meningkat sebanyak 25 persen.

"Tahun lalu ada 26 ribu sekian peserta UM Undip dan kini ada 31 ribu sekian, ini menandakan adanya minat untuk masuk perguruan tinggi yang semakin meningkat," terang Nasir. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved