Pileg 2019

Meski akhirnya Penuhi Kuota, Pengurus Parpol Kesulitan Cari Bacaleg Perempuan

Seluruh partai peserta Pemilu 2019 telah menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg ke KPU Kota Semarang, Selasa (17/7/2018).

Meski akhirnya Penuhi Kuota, Pengurus Parpol Kesulitan Cari Bacaleg Perempuan
tribunjateng/galih permadi/dok
Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Seluruh partai peserta Pemilu 2019 telah menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU Kota Semarang, Selasa (17/7/2018).

Dari parpol yang mendaftar rata-rata telah memenuhi kriteria syarat yang harus dipenuhi untuk ikut serta dalam Pilleg 2019 mendatang.

Hanya saja, beberapa partai tidak mengisi kuota 50 Bacaleg sesuai 6 daerah pemilihan (Dapil) dari 16 Kecamatan di Kota Semarang.

"Ada beberapa partai yang tidak mengisi kuota 50 Bacaleg. Tapi semua berkas yang sudah kami terima, masih dapat diperbaiki mulai 22-31 Agustus mendatang," kata Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono.

Terkait keterwakilan 30 persen calon dari perempuan, Henry mengaku, mendapat banyak keluhan dari pengurus parpol. Hampir seluruh parpol mengeluh kesulitan mendapatkan peminat bacaleg dari kaum hawa tersebut.

"Para pengurus parpol perempuan, kecenderungan untuk mendaftarkan diri dalam perebutan kursi legislatif sangat minim. Itu yang dikeluhkan mereka. Tapi dari berkas pendaftaran Bacaleg, semua parpol memenuhi kuota," ujarnya.

Usai pendaftaran ini, lanjutnya, KPU akan melakukan pengecekan dan validasi data para Bacaleg. Pengecekan tersebut di antaranya dengan melihat track record dan keabsahan berkas. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved