Banyak Berkas Caleg di Kota Tegal Belum Lengkap

Setelah pendaftaran dan penyerahan berkas bakal caleg ditutup, KPU Kota Tegal melakukan verifikasi administrasi.

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL- Setelah pendaftaran dan penyerahan berkas bakal calon legislatif (caleg) ditutup pada Selasa (17/7/2018) pukul 24.00 WIB, KPU Kota Tegal melakukan verifikasi administrasi.

Komisioner KPU Kota Tegal, Thomas Budiono, menuturkan sebagian besar partai politik melakukan perbaikan atau belum melengkapi berkas pendaftaran bakal caleg.

"Setelah diverifikasi, tahapan berikutnya yakni perbaikan berkas yang dilaksanakan pada 22- 31 Juli," kata Thomas, Rabu (18/7/2018).

Kemudian, baru pada 1-17 Agustus, akan dilakukan verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon.

Thomas menyebut, masalah pada berkas pendaftaran rata- rata belum ada legalisir pada ijazah bakal caleg dan SKCK.

"Selain itu, nama di KTP dan formulir ada perbedaan. Kemudian, jika dia mencantumkan gelar, ya harus ada ijasahnya. Misalnya gelar dia MH, ya harus ada ijasah master atau S2-nya," terang Thomas.

Menurutnya, bakal caleg akan gagal dalam verifikasi administarasi jika dia terbukti memalsukan ijasah.

Sementara, untuk kelengkapan berkas parpol, Thomas menuturkan banyak partai yang belum memunyai aturan di anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) ketentuan bagi peserta bakal caleg.

"Sesuai aturan, partai juga mempunyai aturan atau AD/ART soal ketentuan bakal caleg yang akan diajukan. Rata- rata partai tidak mempunyai itu, makanya, pas pendaftaran, mereka melengkapi aturan itu secara mendadak," imbuhnya.

Setelah proses perbaikan, tahapan selanjutnya penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), hingga diumumkan pada 12-14 Agustus 2018.

Setelah DCS DPRD Kota Tegal periode 2019-2024, ada peluang masukan dan tanggapan masyarakat 12-21 Agustus.

Lalu, pada 22-28 Agustus, tahapan permintaan klarifikasi kepada Parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS.

Hasil klarifikasi dari Parpol kepada KPU dilaksanakan tanggal 29-31 Agustus hingga Pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) tanggal 21-23 September 2018.(*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved