Kajari Batang : Tingkatkan Penegakan Hukum dengan Pendekatan Sosial

Kejaksaan Negeri Batang kini menggelar puncak acara di Halaman Kantor, Senin (23/7/2018).

Kajari Batang : Tingkatkan Penegakan Hukum dengan Pendekatan Sosial
TRIBUN JATENG/DINA INDRIANI
Kepala Kejaksaan Negeri Batang, Nova Elida Saragih saat memberikan sambutan dalam perayaan HUT Bhakti Adhyaksa, Senin (23/7/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG- Setelah beberapa waktu lalu serangkaian kegiatan sosial jelang HUT Bhakti Adhyaksa ke-58, Kejaksaan Negeri Batang kini menggelar puncak acara di Halaman Kantor, Senin (23/7/2018).

Tidak hanya jajaran pegawai kejaksaan, acara ini juga dihadiri oleh Bupati Batang, Wihaji, Wabup Suyono, Dandim 0736/Batang, Letkol Kav. Hendry Rudi Judianto Napitupulu, Kapolres Batang AKBP. Edi S Sinulingga, serta jajaran Forkopimda Batang.

Sebagai lembaga penegak hukum, Kejaksaan Negeri Batang memiliki cara tersendiri dengan memberikan pendekatan kepada masyarakat dan memberikan pencegahan agar tidak adanya penyimpangan hukum di wilayah Kabupaten Batang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Batang, Nova Elida Saragih usai perayaan HUT Bhakti Adhyaksa.

"Kami sebagai lembaga penegak hukum mempunyai cara tersendiri dimana hal itu sudah kami lakukan dan kami rasa manfaatnya lebih maksimal, yaitu dengan pendekatan sosial kepada pemerintah maupun masyarakat," tuturnya.

Dikatakannya pendekatan sosial yang telah dilakukan Kejaksaan Negeri Batang yaitu dengan memberikan penyuluhan dan penerangan hukum tidak hanya dengan Dinas-dinas tetapi juga Kepala Desa dan Perangkat Desa.

"Sebelumnya kami telah memberikan penyuluhan dan penerangan hukum tak hanya pada Dinas, tapi juga sampai pemerintah Desa (Kepala Desa dan Perangkatnya)serta telah melakukan Mou pendampingan hukum. Mengenalkan dan memberikan sosialisasi mengenai hukum, sanksi bagi pejabat yg melakukan perbuatan melawan hukum," terangnya.

Kendati demikian, pendekatan sosial yang diberikan menurutnya tidak serta merta mengurangi tugas utama Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum.

"Itu cara kami untuk melakukan penegakan hukum, meski adanya pendekatan sosial dan Mou pendampingan tentu kami tidak melepaskan tugas utama menegakkan hukum dan keadilan," pungkasnya.(*)

Penulis: dina indriani
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved