Breaking News:

Warganet Keluhkan Jarum Regulator yang Tidak Full, Ini Jawaban Dinperindag Purbalingga

Baru-baru ini muncul keluhan masyarakat yang berkembang di media sosial terkait dengan jarum regulator tabung gas elpiji

khoirul muzaki

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Baru-baru ini muncul keluhan masyarakat yang berkembang di media sosial terkait dengan jarum regulator tabung gas elpiji yang tidak menunjukkan di titik kuning.

Akun Lela Wahyudiarti misalnya, sempat mengunggah foto tabung gas ukuran 3 kg dengan tanda jarum yang menunjuk titik tengah.

Unggahan itu pun mengundang beragam komentar. Sebagian komentar mempermasalahkan jarum regulator yang tidak menunjuk titik kuning.

Mereka ternyata memahami arah jarum itu menujukkan volume gas di dalam tabung.

Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperidag) Purbalingga Johan Arifin mengklaim, dalam berbagai kesempatan pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat terkait keluhan masyarakat tersebut.

Dia menegaskan, jarum pada regulator tabung bukan berfungsi untuk mengukur volume gas. Pengetahuan ini ternyata belum dipahami oleh sebagian masyarakat. Karena kesalahpahaman itu, mereka kerap mempermasalahkannya hingga berkembang di media sosial.

Johan menjelaskan, jarum regulator berfungsi sebagai alat pengukur tekanan. Dengan demikian, suhu diluar tabung akan berpengaruh terhadap tekanan dalam tabung. Semakin tinggi tekanan, tabung jarum akan semakin bergerak ke arah titik merah pada regulator tersebut.

Jika masyarakat ingin memgetahui berat isi tabung dapat menimbangnya mengunakan timbangan yang akurat.

"Untuk mengetahui berat atau volume isi tabung hanya dengan cara ditimbang dengan alat ukur yang tepat dan akurat pada saat membeli tabung isi,"katanya

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved