Aplikasi SuperOneCandisari Kecamatan Candisari Semarang, Permudah Layanan Pengurusan Surat

Camat Candisari, Moeljanto, meluncurkan aplikasi untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan pengurusan surat pengantar

Aplikasi SuperOneCandisari Kecamatan Candisari Semarang, Permudah Layanan Pengurusan Surat
ISTIMEWA
Camat Candisari, Moeljanto, meluncurkan aplikasi untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan pengurusan surat pengantar 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Camat Candisari, Moeljanto, meluncurkan aplikasi untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan pengurusan surat pengantar di Aula Kecamatan Candisari, Rabu (25/7/2018). Aplikasi yang diberi nama "SuperOneCandisari" itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan publik di wilayah tersebut.

Moeljanto mengatakan, ide pembuatan aplikasi itu berawal dari tingginya permintaan surat pengantar oleh warga. Ia mencatat, rata-rata per Kelurahan di Kecamatan Candisari mencapai 10 permohonan tiap harinya. Jumlah tersebut bisa bertambah banyak jika dalam kondisi tertentu.

"Kalau harus melayani 10 sampai 25 permohonan surat pengantar tiap harinya, butuh waktu lama dan sangat merepotkan. Padahal itu hanya surat pengantar," katanya usai lounching.

Dengan adanya aplikasi SuperOneCandisari, katanya, akan lebih memudahkan dan mempersingkat waktu jika ada masyarakat di Kecamatan Candisari yang ingin mengurus surat pengantar.

Ia menjelaskan, mekanisme pengurusan surat pengantar melalui aplikasi tersebut nantinya masyarakat atau warga bisa mendownload aplikasi terlebih dahulu di playstore atau web yang sudah disediakan. Setelah itu, warga diminta masuk ke server dengan menggunakan user id.

"Nah jika suatu saat membutuhkan surat pengantar misalnya, kita butuh surat pengantar untuk membuat SKCK, tinggal pilih item SKCK. Nanti data akan diverifikasi RT, jika RT sudah menyetujui, nanti aplikasi yang dipegang Pak RW akan ada pemberitahuan untuk selanjutnya di verifikasi oleh RW," jelasnya.

Setelah ada pemberitahuan di aplikasi yang dipegang Ketua RW, jika Ketua RW sudah menyetujui, maka warga yang mengajukan permohonan surat bisa langsung ke kantor Kelurahan untuk mencetak dan ditandatangani oleh lurah setempat.

"Jadi kita tidak perlu bolak balik mencari Pak RT atau Pak RW nya," paparnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, penggunaan teknologi aplikasi dalam hal pengurusan surat pengantar, baru pertama kali diterapkan di Kecamatan Candisari. Ia berharap, dengan adanya aplikasi tersebut maka mempermudah warga dalam hal pengurusan surat dan warga tidak perlu antre.

"Dan mudah-mudahan ini bisa diterima, kalau bisa ini diterapkan di seluruh kecamatan di Kota Semarang," harapnya.

Pengembang Aplikasi SuperOneCandisari, Johan Aris Pribadi mengatakan, saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap uji coba dengan menerapkannya di 3 kelurahan yakni Kelurahan Kaliwiru, Wonotingal dan Jatingaleh.

"Sementara baru tiga kelurahan, selanjutnya nanti akan dievaluasi sebelum nanti sekitar bulan Agustus akan di launching di tujuh kelurahan Kecamatan Candisari," ucapnya.(*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved