Ini Dia Sosok Bunda PAUD Salatiga

Istri Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Titik Kirnaningsih secara resmi dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Kota Salatiga

Ini Dia Sosok Bunda PAUD Salatiga
tribunjateng/deni setiawan/ist
Istri Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Titik Kirnaningsih secara resmi dikukuhkan sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Salatiga Periode 2017-2022. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Istri Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Titik Kirnaningsih secara resmi dikukuhkan sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Salatiga Periode 2017-2022.

Pengukuhan yang dilaksanakan di Gedung Setda Kota Salatiga itu dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Rabu (25/7/2018).

Dimana kegiatan tersebut sekaligus sebagai pembuka pelaksanaan Workshop Parenting Education yang berlangsung selama 2 hari atau berakhir besok Kamis (26/7/2018).

Di sela pelaksanaan workshop yang digelar Dinas Pendidikan Kota Salatiga itu, Titik mengutarakan komitmennya untuk meneruskan serta mengembangkan berbagai program yang telah dilaksanakan Bunda PAUD Kota Salatiga sebelumnya, Ida Nurul Farida (istri Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris).

“Yang menjadi tantangan saat ini dan kami rasa penting adalah mewujudkan masa depan anak yang sesuai harapan. Menurut kami itu yang cukup sulit. Terlebih di era serba digital seperti saat ini. Dimana anak-anak peroleh banyak godaan,” tandas Titik.

Kepada Tribunjateng.com, Rabu (25/7/2018), tantangan yang dimaksud Titik tersebut seperti televisi, smartphone, hingga game-game digital. Jangan sampai anak-anak kecanduan oleh media-media digital seperti itu yang mengakibatkan mereka tidak berjiwa sosial atau lebih ego, asyik pada dunianya sendiri.

“Di sinilah yang menurut kami pentingnya peran serta keluarga. Bagaimana menghindarkan anak-anak dari kecanduan tersebut. Sehingga mereka pun terbangun rasa sosial dan nilai-nilai karakternya,” tukasnya.

Terpisah, dalam keterangan tertulisnya, Yuliyanto menyampaikan terima kasih kepada Ida Nurul Farida yang telah mengemban tugas sebagai Bunda PAUD Kota Salatiga. Dan kepada Bunda PAUD Kota Salatiga yang baru diharapkan dapat segera melaksanakan tugasnya secara optimal.

“Bunda PAUD diharapkan bisa berperan aktif dalam pengembangan program pendidikan anak di usia dini. Sekaligus pula menjadi figur orangtua yang bijaksana demi terwujudkan masa depan anak yang sehat, cerdas, ceria, serta berakhlak mulai,” tandas Yuliyanto.

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban serta bagian dari komitmen, seluruh layanan maupun upaya seyogyanya menyentuh dan memenuhi segala aspek perkembangan anak. Baik itu pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, hingga perlindungan terhadap anak.

“Apa yang menjadi harapan Wali Kota Salatiga Yuliyanto, satu di antaranya kami wujudkan pula melalui pelaksanaan workshop tersebut. Tujuan utamanya adalah memberikan perlindungan terhadap anak usia dini di tengah ancaman era digital seperti saat ini,” ucap Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Salatiga Umi Limaningsih.

Umi mengutarakan, pada workshop tersebut secara umum akan membahas tentang pengasuhan positif serta permasalahan dan pengetahuan bentuk desain parenting. Kegiatan itu dilaksanakan hingga Kamis (26/7/2018).

“Pesertanya adalah para guru PAUD dan orangtua di Kota Salatiga. Total ada sekitar 90 peserta. Narasumber yang kami hadirkan adalah Ketua Yayasan Samudra Ilmu Dedi Andrianto dan Lembaga Pos PAUD Menur Semarang Sri Kurnianingsih,” terang Umi. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved