Kendal Beribadat

Hari Jadi Kendal 413, Pemkab Ziarah Tumenggung Bahurekso

Kegiatan Ziarah yang dilakukan bertujuan untuk mengenang kepemimpinan dan perjuangan Tumenggung Bahurekso sebagai Bupati pertama

Hari Jadi Kendal 413, Pemkab Ziarah Tumenggung Bahurekso
Dok Kominfo Pemkab Kendal

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL –  Menyambut Hari Jadi ke -412, rombongan peziarah dari Kabupaten Kendal yang terdiri dari Kerabat Karaton Kasunanan Surakarta dari Kendal dan sejumlah pejabat OPD Pemkab Kendal, Kamis siang (26/7/2018), melakukan ziarah ke makam bupati pertama Kabupaten Kendal Tumenggung Bahurekso di Desa Lebaksiu Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.

Rombongan dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Moh Toha, terlebih dahulu mengunjungi kantor Setda Kabupaten Tegal yang disambut Sekretaris Daerah Setda Tegal di Pendopo Amangkurat Sekretariat Daerah Kabupaten Tegal.

Menurut Moh Toha, kegiatan Ziarah yang dilakukan bertujuan untuk mengenang kepemimpinan dan perjuangan Tumenggung Bahurekso sebagai Bupati pertama Kabupaten Kendal yang nama mudanya Joko Bahu.

Karena kecerdasan dan kerja kerasnya berhasil membagun daerahnya, sehingga Sultan Agung raja Mataram Islam mengangkatnya menjadi Bupati Kendal dan panglima perang Mataram Islam menghadapi VOC di Batavia kala itu.

"Ke depannya akan kita kerjasamakan secara teknis dengan OPD terkait masing - masing untuk kerjasama wisata ziarah Tumenggung Bahurekso dengan melibatkan lebih banyak sektor," kata Sekda Toha.

Asisten Administrasi Umum Drs. Eko Jati Suntoro, MSi mewakili Plt Bupati Tegal  dalam sambutan balasannya, menyambut baik kegiatan ziarah yang bisa merekatkan hubungan kerjasama antara Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Tegal.

Pemkab Tegal ikut menyambut dengan suka cita kegiatan untuk melestarikan kecintaan pada leluhur sehingga dapat dimanfaatkan menjadi pendorong untuk membangun daerah lebih maju lantaran pada masa lalu pernah meraih nama besar dan kejayaan daerah.

Kegiatan ziarah ke makam Tumenggung Bahurekso dilakukan dengan prosesi ritual Kejawen dipadukan dengan ritual Islam yang dipimpin Ketua Kerabat Keraton Surakarta Hamaminata Nitinagoro.

Seluruh anggota rombongan melakukan tahlilan yang dipimpin oleh seorang ustadz kemudian dilakukan tabur bunga.   ( heDJ / Diskominfo )

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved