Rizal, Pelari Tanpa Sepatu yang Menyabet Juara Lari 1.000 M Tingkat Nasional, Ini Kisah Harunya

Yang membuat masyarakat tercengang, Rizal berhasil mengalahkan kontestan lainya tanpa mengenakan sepatu dalam perlombaan

Rizal, Pelari Tanpa Sepatu yang Menyabet Juara Lari 1.000 M Tingkat Nasional, Ini Kisah Harunya
Tribunjateng.com/Budi Susanto
Ahmad Rizal Akbar juara nasional lari 1000 meter dalam ajang Pekan Olahraga dan Seni Maarif tingkat nasional yang diselenggarakan di Malang beberapa waktu lalu, saat berlatih di jalan umum pemukiman sekitar rumahnya di Desa Api-api Kecamatan Wonokerto, Jumat (27/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Siapa sangka Ahmad Rizal Akbar (13) anak penjual pisang di Desa Api-api Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan yang notabene dari keluarga kurang mampu berhasil menorehkan rekor tercepat dalam ajang lari 1.000 meter Pekan Olahraga dan Seni Maarif tingkat nasional yang diselenggarakan di Malang beberapa waktu lalu.

Yang membuat masyarakat tercengang, Rizal berhasil mengalahkan kontestan lainya tanpa mengenakan sepatu dalam perlombaan.

Rizal yang merupakan siswa SMP Islam FQ kelas VIII, Wonokerto Kabupaten Pekalongan bukan tanpa alasan tak mengenakan alas kaki dalam perlombaan.

Namun memang pihak keluarga dan sekolah tak mampu memfasilitasi sepatu untuk perlombaan tersebut.

Kehidupan sederhana yang bisa dikatakan jauh dari kata mewah tak mematahkan semangat anak dari pasangan Ahmad Mustofa (50) dan Nuryani (48) meraih prestasi.

Berbekal kemauan dan rajin berlatih, Rizal yang memiliki cita-cita menjadi prajurit TNI tersebut kini menjadi juara nasional lari 1.000 meter tingkat maarif dan membanggakan daerah, sekolah dan keluarga.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Pekalongan sempat memberikan penghargaan kepada Rizal karena prestasi yang ia torehkan.

Rizal menerangkan, setiap pulang sekolah ia membantu sang ayah menjual pisang hingga sore hari, untuk kemudian dilanjutkan dengan berlatih.

"Kalau latihan biasanya di depan sekolah kadang di depan rumah dan sesekali di Pantai Wonokerto. Saat latihan saya juga tidak memakai sepatu," katanya saat ditemui Tribunjateng.com di rumahnya yang terletak di Desa Api-api Rt 04 Rw 02 Kecamatan Wonokerto, Jumat (27/7/2018).

Halaman
12
Penulis: budi susanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved