Breaking News:

Sambut Hari Kemerdekaan, Dinpertan Purbalingga Gelar Kontes Ternak

Dinas Pertanian (Dinpertan) Purbalingga akan menyelenggarakan Gelar Potensi Peternakan atau Kontes Ternak Purbalingga 2018.

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Dinas Pertanian (Dinpertan) Purbalingga akan menyelenggarakan Gelar Potensi Peternakan atau Kontes Ternak Purbalingga 2018.

Kontes ternak akan berlangsung pada 7 Agustus mendatang, mulai pukul 08.00 hingga selesai di Pasar Hewan Purbalingga.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Purbalingga, Maharsi Wulan mengatakan, selain dalam rangka HUT RI ke 73, kontes ternak ini digelar terkait Hari Raya Idul Adha.

Sebab saat kontes ternak, akan terjadi transaksi jual beli hewan ternak terutama sapi, kambing dan domba.

“Lomba ini juga sebagai pantauan karena menjelang Idul Adha kan disana tidak hanya perlombaan saja tapi juga ada pameran hewan ternak,” kata Maharsi Wulan

Adapum kategori yang dilombakan yakni Sapi Peranakan Ongole (PO) Jantan dan Betina, Kambing Kejobong Jantan dan Betina, Juara Favorit Sapi Simental Jantan dan Betina serta Juara Favorit Sapi Limousin Jantan dan Betina.

Kriteria yang dinilai antara lain sehat dan bebas dari penyakit hewan menular, tidak cacat fisik, bebas cacat alat reproduksi, ambing normal dan tidak menunjukan gejala kemajiran.

Kriteria lain yang dinilai dilihat dari umur, tinggi badan, lingkar badan, berat badan dan performa

Sapi PO yang akan dilombakan harus berbulu putih, abu-abu, kipas ekor(bulu cambuk ekor), dan bulu sekitar mata berwarna hitam.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved