Wali Kota Solo Minta Selama Agustus Semua Instansi Putar Lagu-lagu Nasional

Pada Agustus dicanangkan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sebagai bulan lagu nasional dan daerah.

Wali Kota Solo Minta Selama Agustus Semua Instansi Putar Lagu-lagu Nasional
ISTIMEWA
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Pada Agustus dicanangkan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo sebagai bulan lagu nasional dan daerah.

Maka di bulan tersebut, seluruh instansi baik negeri maupun swasta di Kota Bengawan untuk terus memperdengarkan lagu-lagu nasional maupun daerah.

Adapun mencanangan Agustus sebagai bulan lagu nasional maupun daerah itu dilakukan di Balai Kota Solo, Senin (30/7/2018).

Pencanangan itu ditandai dengan cara menyanyikan sejumlah lagu nasional di antaranya Bengawan Solo, Serumpun Padi maupun Bagimu Negeri.

"Jadi sifatnya imbauan. Mulai di sekolahan, perguruan tinggi, kantor pemerintah, restoran, hotel, dan lain-lain kami harap memperdengarkan lagu nasional dan daerah," kata Wali Kota Rudy.

Menurut Rudy sebenarnya pencanangan ini pernah dilakukan pada 2017 lalu. Tetapi pada tahun lalu, pencanangan dilakukan selama seminggu saja.

"Dulu itu cuma seminggu tetapi kami merasa hal tersebut berhasil. Jadi, pelaksanaan pada tahun ini kami putuskan tambah menjadi satu bulan," papar dia.

Rudy memaparkan, tak hanya memperdengarkan lagu-lagu nasional, pihaknya mengimbau instansi di Solo memeriahkan bulan kemerdekaan Indonesia. Untuk masalah teknis, Rudy menyerahkannya kepada instansi masing-masing.

"Jadi bisa mengadakan lomba menyanyi, lomba paduan suara dan semacamnya, suka-suka saja tetapi kalau bisa meriah," ungkapnya.

Lebih jauh, Rudy menjelaskan kegiatan ini penting untuk menanamkan nilai nasionalisme, dan efektif menggelorakan semangat Pancasila.

"Saya kira masyarakat, yang dewasa maupun anak-anak harus hafal lagu nasional. Tak hanya lagu zaman sekarang saja," urainya. (Ahm)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved