HUT Kemerdekaan RI

82 Pelajar Terpilih Ikuti Pelatihan Paskibraka Salatiga 2018

Sekitar 82 pelajar dari berbagai SMA, SMK dan MA di Kota Salatiga terpilih ikuti pelatihan Paskibra Kota Salatiga

82 Pelajar Terpilih Ikuti Pelatihan Paskibraka Salatiga 2018
tribunjateng/deni setiawan
Sekitar 82 pelajar dari berbagai SMA, SMK dan MA di Kota Salatiga terpilih ikuti pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Salatiga Tahun 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Sekitar 82 pelajar dari berbagai SMA, SMK dan MA di Kota Salatiga terpilih ikuti pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Salatiga Tahun 2018.

Puluhan pelajar tersebut bakal mengikuti pelatihan hingga 17 Agustus 2018 mendatang.
Sekaligus akan dibagi untuk mengemban amanah sebagai petugas di saat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang rencananya bakal dilaksanakan di Lapangan Pancasila Kota Salatiga.

“Ada sekitar 499 pelajar dari sekitar 20 sekolah tingkat atas di Salatiga yang mendaftar dan mengikuti seleksi. Seleksi sudah kami laksanakan sejak 9 hingga 11 April 2018 lalu di Balai Prajurit Makutarama Salatiga,” tutur Kabid Kepemudaan dan Kepramukaan Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Salatiga Petrus Mas Sentot.

Kepada Tribunjateng.com, Selasa (31/7/2018), dia menjabarkan, dari seleksi tersebut kemudian terpilih sekitar 82 pelajar. Secara rinci adalah 54 pelajar putra dan 28 pelajar putri. Selain 82 pelajar tersebut, ada 1 pelajar atas nama Norma Gani Nasoka dari SMA Negeri 3 Salatiga yang lolos sebagai anggota Paskibraka Provinsi Jawa Tengah.

“Mereka yang terpilih itu akan mengikuti berbagai rangkaian program pelatihan. Pelatih yang terlibat dari berbagai unsur seperti Kodim 0714 Salatiga, Polres Salatiga, Dispora Kota Salatiga, PMI Kota Salatiga, hingga yang dahulu pernah menjadi anggota Paskibraka Kota Salatiga,” terang Petrus.

Dia menyampaikan, selama sekitar 17 hari ke depan dari berbagai unsur pelatih itu, puluhan pelajar pilihan tersebut secara umum akan diajarkan tentang konsep-konsep dasar kepemimpinan, kedisiplinan, hingga keterampilan. Termasuk di dalamnya memupuk rasa cinta terhadap tanah air, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Selamat kepada para calon Anggota Paskibraka Kota Salatiga terpilih. Tolong ikuti kegiatan tersebut secara optimal. Semoga selama kegiatan ini, ada cukup banyak bekal yang bisa digunakan kelak para peserta di kehidupan bermasyarakat,” ucap Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat membuka Pemantapan Calon Anggota Paskibraka Salatiga di Aula Gedung Setda Kota Salatiga, Selasa (31/7/2018).

Sesuai sambutan yang disampaikan, Yuliyanto berpesan kepada seluruh anggota Paskibraka agar mampu menunjukkan kualitas sebagai insan terpilih, beretika, berbudi luhur, dan memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi.

“Menjadi anggota Paskibraka adalah sebuah kebanggaan. Karena itu, dari hal ini jadilah karakter yang berjiwa merah putih, yang siap mengabdi, serta berbakti kepada bangsa dan negara Indonesia. Nanti seusai pelatihan, tolong juga diterapkan di sekolah maupun lingkungan masyarakat,” pintanya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved