Kendal Beribadat

Harganas XXV di Kendal, Masrur Masykur: Kalau Terencana, Semua Lebih Mudah

Peringatan Harganas XXV dan Hari Anak Nasional Kabupaten Kendal, Selasa (31/7/2018) di Objek Wisata Curug Sewu

Harganas XXV di Kendal, Masrur Masykur: Kalau Terencana, Semua Lebih Mudah
tribunjateng/kominfo kendal
Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Kendal, Selasa (31/7/2018) di Objek Wisata Curug Sewu Kecamatan Patean. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur mengingatkan, pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Hal tersebut disampaikannya pada sambutan kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV dan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Kendal, Selasa (31/7/2018) di Objek Wisata Curug Sewu Kecamatan Patean.

"Saya menilai positif atas diselenggarakannya kegiatan ini, mengingat peranan keluarga dalam konteks pembangunan nasional dan daerah dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan, dan memiliki arti strategis seiring dengan dijadikannya keluarga sebagai titik sentral pembangunan yang berkelanjutan," katanya.

Hal yang mendasarinya, lanjut Wabup adalah bahwa keluarga sebagai bagian pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas dan potensial untuk mendukung pembangunan, terlebih keluarga menjadi lingkungan yang pertama dan utama dikenal anak sekaligus memberi warna pada sikap, watak, perilaku dan kepribadiannya.

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-XXV Tahun 2018 ini, merupakan momentum untuk mengingatkan kembali akan pentingnya keluarga sebagai tempat persemaian anak - anak dalam membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai sosial budaya didalam keluarga.

Semangat 25 tahun Hari Keluarga Nasional, momentum bersama Meraih Indonesia Emas Tahun 2045. Peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusuri melalui berbagi indikator yang merupakan pencerminan dari pelaksanaan 8 (delapan) fungsi keluarga.

"Saya mengajak seluruh warga masyarakat untuk memperhatikan pembangunan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dengan menerapkan 8 (delapan) fungsi keluarga secara optimal, yaitu : (1) Fungsi Keagamaan, (2) Fungsi Sosial Budaya, (3) Fungsi Cinta Kasih, (4) Fungsi Perlindungan, (5) Fungsi Reproduksi, (6) Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan, (7) Fungsi Ekonomi, dan (8) Fungsi Pembinaan Lingkungan," beber Wabup Masrur.

Penerapan 8 (delapan) fungsi keluarga tersebut, dapat membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan, dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera. Sesuai dengan pepatah “Kalau Terencana, Semua Lebih Mudah,” maka untuk itu, perlu dibiasakan memiliki rencana dalam keluarga, dan biasakan membuat rencana yang baik, jangan begitu tiba masa, baru tiba akal.

Sementara, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Kendal Asrifah, S.Keb menerangkan, Peringatan Harganas Tahun 2018 yang ke-25 ini, mengangkat tema “Hari Keluarga: Hari Kita Semua”, dengan membawa tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”, yang memiliki maksud pentingnya mencintai dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga.

Peringatan Harganas ini untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Peringatan Harganas Tingkat kabupaten Kendal tersebut diwarnai dengan penyerahan thropy dan penghargaan untuk pemenang lomba Duta Genre PIK dan lomba lainnya terkait Harganas.

Selain itu usai apel peringatan Harganas, Wabup dan rombongan melakukan peninjauan ke stand bazaar produksi rumah tangga berbagai barang kebutuhan pokok dan produk asli daerah. (tribunjateng/kominfo kabupaten kendal)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved