Mortir Meledak di Banjarnegara, Warga Kaitkan dengan Sejarah Pertempuran Lawan Belanda

Masyarakat Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Banjarnegara sempat digegerkan dengan suara ledakan di sebuah pekarangan warga

Mortir Meledak di Banjarnegara, Warga Kaitkan dengan Sejarah Pertempuran Lawan Belanda
Istimewa
Ledakan mortir sisa peninggalan perang dunia kedua di desa Gumelem Wetan Susukan Banjarnegara. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANJARNEGARA - Masyarakat Desa Gumelem Wetan Kecamatan Susukan Banjarnegara sempat digegerkan dengan suara ledakan di sebuah pekarangan warga, kemarin Senin (30/7).

Suara letusan itu terdengar cukup keras hingga sejauh 3 kilometer. Warga berhamburan menelusuri sumber suara yang membuat panik tersebut.

Di sebuah pekarangan sisi rumah seorang warga, Satimin, di dukuh Karangpace Rt 5/2, ledakan keras itu bersumber. Tanah pekarangan itu telah porakporanda hingga muncul lubang menganga yang menjadi titik awal ledakan.

Serpihan logam tercecer hingga menghantam tembok rumah warga yang hanya berjarak beberapa meter dari tempat kejadian.

"Suaranya terdengar keras hingga 3 kilometer. Alhamdulillah tidak mengenai orang,"kata Kepala Desa Gumelem Wetan Suwarjo, Selasa (31/7)

Meski suara dan getaran yang dihasilkan cukup kuat, ledakan itu tak sampai menimbulkan korban jiwa. Tidak ada aktivitas warga di lokasi kejadian waktu itu.

Kuatnya getaran terlihat dari api tungku di dapur rumah warga dekat lokasi kejadian yang seketika mati saat ledakan terjadi.

Jihandak Brimob Purwokerto dan tim Inafis Polres Banjarnegara langsung meluncur untuk memeriksa tempat kejadian perkara.

Mereka menyisir sekitar TKP untuk mengantisipasi adanya benda lain yang berpotensi meledak. Dari hasil olah sementara, ledakan itu dipastikan tidak terkait aksi terorisme.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved