Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Himbau Anak Bawa Bekal ke Sekolah

Selain untuk menangkap materi pelajaran, juga berguna untuk memberikan energi bagi anak dalam beraktivitas fisik di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Himbau Anak Bawa Bekal ke Sekolah
TRIBUN JATENG/ALAQSHA GILANG IMANTARA
Siswa - siswi kelas 2C SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 menikmati catering atau bekal makanan yang disediakan dari Sekolah, Rabu (1/8). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Di Usia Sekolah Dasar, anak membutuhkan nutrisi untuk perkembangan otaknya.

Selain untuk menangkap materi pelajaran, juga berguna untuk memberikan energi bagi anak dalam beraktivitas fisik di sekolah.

Alangkah baiknya makanan itu berasal dari masakan sendiri, bukan jajan diluar. Karena dengan makan dari masakan sendiri akan dijamin kebersihannya.

"Bawa bekal di sekolah itu bagus, paling tidak jika dia bawa makanan dan minuman dari rumah pasti makanan dan minuman sehat, karena masakan sendiri. Justru kalau anak jajan diluar, mungkin kena debu, masakannya kurang steril dan lain sebagainya." ujar kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri saat ditemui di kantor dinas pendidikan kota Semarang, Rabu (1/8).

Dia menambahkan, pihaknya lebih suka jika anak bawa bekal, terutama anak SD. Sebagai pengalaman, anaknya yang masih kelas 5 masih bawa bekal supaya mendidik mereka tidak jajan.

Misalnya dia terbiasa tidak jajan, jika dapat uang pasti ditabung.

"Prinsipnya sebetulnya anak SD bawa bekal sangat bagus. Tapi itu sifatnya himbauan, bukan aturan secara tertulis. Tidak mungkin kita mengharuskan semua orang tua membawakan bekal, karena ada orang tuanha sibuk sehingga tidak bisa menyiapkan bekal dari rumah. Mau tidak mau, anak dikasih uang saku buat jajan," tuturnya.

Gunawan menjelaskan, Tentunya guru-guru di kelas pasti memberikan masukan kepada anak didiknya, jika ingin membeli makanan maka belilah makan di kantin sekolah agar terkontrol.

Tapi itu semua himbauan, kita tidak bisa mewajibkan.

Menurut ahli gizi di RSUP Dr. Kariadi, Dewi Shita Jayanthi, S.Gz. kepada Tribun Jateng, Menu yang sehat untuk bekal anak mencakup gizi seimbang, ada sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved