Tribun Campus

Mahasiswa Unimus Ciptakan Sereal Jagung Bisa Sembuhkan Penyakit Nyeri Sendi dan Tulang

Tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) berhasil menciptakan Sereal Jagung dari limbah cangkang kerang.

tribun jateng/alaqsha gilang imantara
SEREAL JAGUNG - Mahasiswa Unimus memperlihatkan sereal jagung berbahan dasar limbah cangkang kerang, Selasa (31/7).. 

TRIBUNJATENG.COM - Tiga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) berhasil menciptakan Sereal Jagung dari limbah cangkang kerang. Mereka adalah Safira Firdaus, Anissa Indah Cahyati, dan Ria Dwi Wahyu Nastiti, mahasiswi Prodi Teknologi Pangan.

Hasil kreativitas itu didanai Kemenristekdikti sebesar Rp 7,8 juta setelah proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM - P) yang diajukannya disetujui.

Latar belakang tiga mahasiswi itu mengajukan proposal PKM - P karena melihat otensi limbah cangkang kerang yang dibuang begitu saja di pasar.Limbahnya banyak sekali dan dipakainya hanya untuk hiasan.

Pemanfaatan limbah cangkang kerang menjadi sereal masih jarang. Padahal, cangkang kerang mengandung 17,23% kadar kalsium dan bisa dimanfaatkan sebagai sumber kalsium alternatif. Sehingga, sereal berbahan dasar cangkang tersebut bisa digunakan untuk menyembuhan penyakit osteoarthritis, nyeri sendi dan tulang.

Safira memiliki penyakit osteoarthritis, nyeri pada sendi dan tulang. Dia harus minum obat untuk kesehatan sendinya setiap hari hingga Safira merasa bosan. Jika Safira tidak mengkonsumsi obat, resiko terkena osteoporosis lebih besar.

Dia tetap ingin mendapatkan kalsium, namun bukan dalam bentuk obat. Akhirnya, Safira tertarik untuk membuat sereal dari cangkang kerang.

"Sebenarnya ada penelitian yang terdahulu tentang pemanfaatan limbah kerang. Namun pemanfaatannya menjadi sereal belum pernah ada. Manfaatnya untuk saya sendiri, yang tadinya males minum obat supaya tetap mendapat asupannya," jelas Safira saat ditemui di Unimus , Selasa (31/7).

Safira membeli cangkang kerang sebesar Rp 35 ribu dari pasar prembaen dan pasar gang baru, Semarang. Setelah itu, limbah cangkang diolah agar menjadi sereal jagung.

Adapun cara pembuatannya, yakni pertama, cangkang kerang diperkecil ukurannya. Kedua, pembuatan grits jagung menggunakan disc mill. Ketiga, perendaman cangkang dengan asam asetat 2N selama 3 jam suhu 50°. Keempat, pengeringan cangkang menggunakan cabinet dryer selama 3 jam suhu 50°C.

Kelima, penepungan cangkang menggunakan disc mill. Keenam, formulasi untuk mendapatkan formula sereal yang tepat. Ketujuh, pembuatan sereal dengan metode noodle maker.

Mereka berharap PKM - Penelitian tersebut mendapatkan hak paten. Sereal Jagung berbahan dasar cangkang kerang bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit osteoarthritis, nyeri sendi dan tulang. (Alaqsha Gilang Imantara).

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved