Notaris-notaris Besar di Semarang Enggan Penuhi Panggilan Pengadilan Tipikor

Notaris-notaris Besar di Semarang Enggan Penuhi Panggilan Pengadilan Tipikor untuk memberikan kesaksian terkait Windari

Notaris-notaris Besar di Semarang Enggan Penuhi Panggilan Pengadilan Tipikor
tribunjateng/wid
ilustrasi penyerahan uang 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Beberapa nama notaris kenamaan di Semarang tidak memenuhi panggilan Pengadilan Tipikor Semarang sebagai saksi. Mereka dipanggil untuk memberikan kesaksian terkait dugaan suap kepada Windari Rochmawati Kepala Subseksi Pemeliharaan Data Pertanahan Kantor Pertanahan (BPN) Semarang, di Pengadilan Tipikor, Rabu (1/8/2018).

Diungkapkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Semarang, Zahri Aeniwati, pihaknya pun membenarkan adanya beberapa nama notaris yang tidak memenuhi panggilan.

"Ada 61 saksi, yang kami periksa sebagai saksi, dan 50 diantaranya adalah notaris. Dan beberapa nama besar notaris di Semarang yang tidak memenuhi panggilan," ujarnya.

Zahri, juga mengungkapkan, bahwa surat pemanggilan terhadap beberapa nama tersebut sudah disampaikan. Bahkan, saksi-saksi tersebut, juga menyampaikan surat keterangan tidak bisa hadir dalam persidangan.

"Meski sejumlah notaris besar itu tidak hadir, pemeriksaan terhadap saksi dalam perkara ini dirasa sudah cukup semuanya. Namun memang disayangkan," katanya.

Di sisi lain, terdakwa Windari pada sidang tersebut, juga menghadirkan satu saksi yang meringankan dirinya.

Saksi itu adalah Kepala Bidang Penanganan Masalah dan Pengendalian Pertanahan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jawa Tengah, Karsono, yang mengatakan, mengenai prosedur pengurusan dokumen pertanahan.

"Karena keterbatasan sumber daya manusia yang tidak sebanding dengan pengajuan pengurusan dokumen agraria itulah, yang menjadi penyebab lama proses pengurusan dokumen di kantor BPN," imbuhnya.

Sementara itu, majelis hakim, dengan Hakim Ketua Andi Astara, akan kembali menggelar sidang, dengan agenda pemeriksaan terdakwa pada Rabu pekan depan. (*)

Penulis: hesty imaniar
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved