Kades Kemetul Konsultasi ke Bupati Terkait Raibnya Dana Desa Rp 323 Juta

Kades Kemetul Konsultasi ke Bupati Mundjirin Terkait Raibnya Dana Desa Rp 323 Juta kemarin

Kades Kemetul Konsultasi ke Bupati Terkait Raibnya Dana Desa Rp 323 Juta
tribunjateng/dok
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Kepala Desa Kemetul Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang, Agus Sudibyo menyampaikan pada Kamis (2/8/2018) pagi tadi, pihaknya sudah menemui pimpinan Pemerintah Kabupaten Semarang untuk berkonsultasi pasca aksi pencurian dana milik desa sebanyak sekitar Rp 323,6 juta kemarin Rabu (1/8/2018).

“Untuk kasus pencurian dengan pemberatan tersebut hingga saat ini masih ditangani pihak kepolisian --Satuan Reskrim Polres Semarang--. Langkah lanjutan yang kami lakukan adalah berkonsultasi ke Bupati Semarang dr Mundjirin,” tutur Agus kepada Tribunjateng.com, Kamis (2/8/2018).

Tidak hanya berkonsultasi kepada Bupati, lanjutnya, termasuk juga kepada pihak Inspektorat Setda Kabupaten Semarang serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kabupaten Semarang. Sebab, dana yang digondol pelaku pencurian tersebut merupakan dana milik Pemerintah Desa Kemetul.

“Rencananya dana yang dicairkan tersebut untuk pembiayaan program desa tahap kedua --Dana Desa Tahap II Desa Kemetul--. Termasuk sebagian lainnya juga hendak untuk pembayaran beberapa program tahap pertama yang masih jadi tanggungan,” ucap Agus.

Adapun langkah selanjutnya, Agus menerangkan saat ini masih menunggu petunjuk atau arahan dari pihak-pihak terkait di Pemerintah Kabupaten Semarang. Meskipun demikian sehari pasca kejadian, seluruh aktivitas pelayanan di Kantor Desa Kemetul Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tetap berjalan normal.

“Bahkan untuk kegiatan merti desa yang direncanakan dilaksanakan besok, Jumat (3/8/2018) pagi, tetap kami laksanakan. Sebab itu adalah agenda rutin tahun dan semuanya sudah kami persiapkan sejak lama. Sayang jika batal apalagi dibatalkan. Saat ini harapan kami hanya ingin kejadian itu secepatnya terungkap. Pelaku bisa ditangkap,” tandasnya.

Terpisah, Kasubag Humas Polres Semarang AKP Teguh Susilo Hadi menyampaikan, hingga saat ini pihaknya masih mendalami kasus pencurian dana milik Pemerintah Desa Kemetul itu. Termasuk pula menghimpun berbagai informasi dari keterangan masyarakat, korban, hingga saksi-saksi.

“Tadi petugas pun telah memeriksa (mengecek) rekaman CCTV yang ada di bank tempat mencairkan dana tersebut. Lalu CCTV yang ada di sekitar lokasi. Prinsip, kami hingga saat ini masih bekerja keras untuk bisa mengungkap kasus tersebut. Semoga dalam waktu dekat ini sudah peroleh titik terang,” tuturnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved