ASISI Fasilitasi Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara Mendapatkan Sertifikasi Profesi

Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara (ASISI) memfasilitasi anggotanya untuk melakukan sertifikasi

ASISI Fasilitasi Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara Mendapatkan Sertifikasi Profesi
TRIBUN JATENG/HESTY IMANIAR
Pengukuhan ASISI 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hesty Imaniar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara (ASISI) memfasilitasi anggotanya untuk melakukan sertifikasi sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2004.

Peraturan itu, terkait pentingnya peningkatan ketrampilan, keahlian, dan kompetensi tenaga profesional, yang memiliki persaingan dan berdaya saing, serta memiliki standar global.

Dikatakan oleh, Ketua Umum ASISI, Ali Rahman, pada acara pengukuhan dan penyerahan Surat Keputusan DPD Provinsi Jawa tengah, dan Silaturrahmi ASISI Nusantara di Semarang, bahwa ada program terkait sertifikasi profesi tersebut, dari Kementerian Lingkungan Hidup.

"Program dari pemerintah ini, mengenai sertifikasi profesi tenaga refrigrasi yang mulai digalakan. Setiap instansi baik pemerintah maupun swasta dianjurkan menggunakan tenaga dan jasa refrigrasi yang telah tersertifikasi sehingga kami mendorong dan memfasilitasi anggota kami untuk melakukan sertifikasi profesi itu," kata Ali Rahman, di Hotel Pandanaran, Semarang, Minggu (5/8/2018).

Disampaikannya, teknisi refrigrasi, merupakan tenaga teknisi di bidang tata udara, pengatur udara kendaraan (AC), peralatan pendingin rumah tangga, industri, komersial, yang berdingin dan segala produk yang menggunakan sistem pendingin kecuali angkutan udara.

Sertifikasi profesi itu, membutuhkan biaya sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp 4 juta jika melakukan sertifikasi profesi secara mandiri.

"Hanya saja, peralatan dan perlengkapan sertifikasi juga akan dibebankan pada teknisi yang ingin melakukan sertifikasi tersebut," bebernya.

Dengan tarif biaya yang cukup tinggi itu, membuat sebagai teknisi keberatan dengan nominal tersebut.

Maka dari itu, lanjutnya, adanya asosiasi ini, nantinya akan membuat para teknisi mendapatkan kemudahan melakukan sertifikasi profesi.

Halaman
12
Penulis: hesty imaniar
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved