Ezra Walian Gabung RKC Waalwijk, Ingin Tiru Legenda Belanda

Penyerang muda timnas Indonesia, Ezra Walian, menyampaikan ambisinya untuk menyamai legenda Belanda

Ezra Walian Gabung RKC Waalwijk, Ingin Tiru Legenda Belanda
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pemain Tim Nasional Indonesia U22 Ezra Walian berebut bola dengan pemain Myanmar pada pertandingan persahabatan antara Indonesia U22 vs Myanmar di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/3/2017). Timnas Indonesia U22 kalah dari Myanmar dengan skor 1-3. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNJATENG.COM - Penyerang muda timnas Indonesia, Ezra Walian, menyampaikan ambisinya untuk menyamai legenda Belanda yang bermain di RKC Waalwijk.

Ezra Walian memutuskan pindah ke RKC Waalwijk setelah dipinjamkan oleh Almere City.

Bersama tim kasta kedua Liga Belanda itu, Ezra berambisi memperbaiki karier yang sempat disia-siakan oleh tim akademi Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar.

"Hingga usia 15 tahun semua berjalan lancar bagi saya. Saya juga bisa mengatasi masalah pribadi," kata Ezra dilansir BolaSport.com dari portal berita Belanda, BD.

"Namun tiba-tiba saya merasa ada yang salah dengan diri saya. Saya tak bisa bersaing dengan pemain-pemain lain. Saya rasa itu adalah alasan mengapa saya terpuruk beberapa waktu lalu," tuturnya.

Pemain 20 tahun itu berambisi meniru legenda-legenda Belanda yang bersinar di RKC Waalwijk kendati dicampakkan dua tim besar tersebut.

"RKC ingin membuat langkah besar. Saya juga begitu. Ini adalah tim yang hebat dan punya sejarah besar di Liga Belanda," ucap Ezra.

Di level akademi, Ezra memang gagal bersinar bersama tim raksasa Belanda, Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar.

Meski begitu, dia tak patah semangat dan bertekad memperbaiki performanya di RKC Waalwijk.

Eks pemain Chelsea, Khalid Boulahrouz, menjadi salah satu panutan Ezra untuk meraih prestasi di klub barunya itu.

Semasa menimba ilmu di akademi Ajax dan AZ Alkmaar, Boulahrouz tak tampil maksimal hingga ditampung oleh Waalwijk pada 2001.

Di sana kariernya menanjak dan akhirnya menarik perhatian tim Jerman, Hamburg SV, yang kemudian dia bela pada 2004-2006 sebelum pindah ke Chelsea.

Selain Boulahrouz ada juga Ryan Donk yang pernah merumput di West Bromwich Albion dan Milano Koenders yang bersinar di Waalwijk setelah disia-siakan Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar.

Akan tetapi keputusan Ezra bergabung dengan Waalwijk itu berdampak bagi timnas Indonesia.

Pasalnya, nama Ezra tadinya terpilih dalam skuat awal timnas U-23 Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018.

Namun pemain yang lahir dan besar di Belanda itu harus mengubur keinginannya untuk membela Tim Garuda Muda lantaran tak mendapat izin dari RKC Waalwijk.(*)

Editor: galih permadi
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved