Airport Corner

AIRPORT: Sejumlah Maskapai Alami Penurunan Jumlah Penumpang

Memasuki low season (musim sepi penumpang) sejumlah maskapai penerbangan mengalami penurunan jumlah penumpang

AIRPORT: Sejumlah Maskapai Alami Penurunan Jumlah Penumpang
tribunjateng/rahdyan trijoko pamungkas
Suasana di terminal kedatangan bandara Ahmad Yani Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Memasuki low season (musim sepi penumpang) sejumlah maskapai penerbangan mengalami penurunan jumlah penumpang yang berangkat melalui Bandara Ahmad Yani Semarang.

Chiefe Station Handling Lion Grup, Arie Setiarto mengakui, terjadi penurunan penumpang di grup maskapai penerbangannya. Rute-rute yang terjadi penuranan yakni Surabaya, Jakarta, dan Lombok.

"Di tempat kami keterisiannya hanya sampai dengan 80 persen," ujarnya, Selasa (7/8).
Arie menuturkan, saat low season ini pihak Lion Grup tidak memberikan promo apapun. Namun untuk mendongkrak jumlah penumpang pihaknya membuka harga tiket penerbangan kelas ekonomi paling murah.

"Low season mungkin hanya di area Jawa. Tapi kalau di daerah Sumatera dan Kalimantan masih karena ada penerbangan haji. Tapi sifatnya masih charter mengantar jamaah ke embarkasi," tuturnya.

Ia mengklaim penumpang terbanyak saat low season terjadi pada pukul 06.00, 07.30, 09.45, dan 13.05. Di samping itu keterisian terbaik terjadi saat akhir pekan. "Namun untuk hari-hari biasa agak turun," ungkapnya.

Berbeda dengan maskapai penerbangan Citilink yang mengklaim keterisian penumpang dalam keadaan normal. Distrik Sales Manager Citilink Semarang Sugiarto mengatakan, pertumbuhan demand masih kuat namun belum imbang dengan suplay.

"Hal ini terjadi pada rute-rute padat seperti Cengkareng maupun Halim," tuturnya.
Gito, sapaan akrabnya, menuturkan saat ini rata-rata keterisian mencapai di atas 90 persen. Rata-rata rute yang masih mendominasi yakni Jakarta.

"Kalau penurunan sih ada. Tapi rata-rata keterisian masih 90 persen. Kecuali penerbangan Surabaya ada penurunan," jelasnya.

Ia mengungkapkan, Citilink masih mempertahankan promo yang ada untuk meningkatkan jumlah penumpang.

Promo-promo tersebut berupa potongan harga untuk lansia, anak-anak, dan program citi sport. "Kami juga berikan program untuk para agen perjalanan," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: rahdyan trijoko pamungkas
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved