Liputan Khusus

Keluarga Politisi Jateng Ramai-ramai Maju Pileg

Sejumlah politisi muda di Jawa Tengah (Jateng), yang keluarganya terlebih dahulu berkecimpung dalam perpolitikan nasional

Keluarga Politisi Jateng Ramai-ramai Maju Pileg
Ilustrasi

TRBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sejumlah politisi muda di Jawa Tengah (Jateng), yang keluarganya terlebih dahulu berkecimpung dalam perpolitikan nasional, turut bertarung dalam pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Tak jarang, hal ini dipandang sebagai langkah membangun dinasti politik, dengan memanfaatkan nama besar keluarga atau orangtua.

Satu di antara politisi muda Jateng, yang turut bertarung dalam Pileg 2018 mendatang adalah, Ahmad Yanuar Rikza, atau akrab disapa Ari Wachid. Ia merupakan putra dari Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Abdul Wachid.

"Saya diperintahkan DPP untuk maju sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI, dari daerah pemilihan (Dapil) II Jateng: Jepara, Demak, Kudus," kata Ari, kepada Tribun Jateng, beberapa waktu lalu.

Disampaikan, pilihannya maju sebagai caleg DPR RI bukan atas dorongan orangtua. Melainkan, perintah partai politik (Parpol) tempatnya bernaung saat ini.

"Perintah DPP jelas, memenangkan pak Prabowo di sini. Karena, pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 silam, suara pak Prabowo di sini jeblok," ucapnya.

Karena itu, ia menolak jika dianggap mendompleng nama besar orangtua. Meski, dalam Pileg 2019 mendatang, ia menjadi satu dapil dengan orangtuanya.

Diketahui, Ari merupakan caleg nomor urut satu di Dapil II Jateng, sementara Abdul Wachid menempati nomor urut dua.

Dikatakan, saat ini di Gerindra ia menjabat sebagai Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Jateng. Jika mau, ia tentu bisa meminta Dapil lain yang juga potensial. "Tapi karena ini perintah partai, kami mematuhinya," ujar Ari.

Menurutnya, saat ini popularitas Prabowo cukup tinggi. Sehingga, ia merasa bahwa para Caleg-lah yang justru memanfaatkan cottail effect dari Prabowo.

"Kami diuntungkan dengan nama besar Prabowo sehingga elektabbilitas Caleg dari Gerindra turut terdongkrak. Di daerah mana saja, Prabowo effect ini nomor satu," paparnya.

Halaman
1234
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved