Cuaca Ekstrem

Detik-detik Lima Bangunan Ambruk Diterjang Gelombang Tinggi di Suwuk Kebumen

Detik-detik Lima Bangunan Ambruk Diterjang Gelombang Tinggi di Pantai Suwuk Kebumen Jateng

Detik-detik Lima Bangunan Ambruk Diterjang Gelombang Tinggi di Suwuk Kebumen
ist
GELOMBANG TINGGI - Kondisi warung-warung di pantai Suwuk Kabupaten Kebumen semakin kritis karena tergerus ombak. Beberapa hari terakhir masih terjadi gelombang tinggi di pantai selatan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN - Kondisi beberapa pantai di perairan selatan Kebumen Jawa Tengah semakin kritis akibat terjangan gelombang tinggi.

Pagi hari, sekitar pukul 10.00 Wib, Pantai Suwuk Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring Kebumen diwarnai suasana menegangkan. Ombak ganas pantai selatan mencapai jauh ke daratan.

Lidah ombak hingga menyambar sejumlah bangunan atau warung yang berdiri di tepi pantai.

Beberapa bangunan permanen pun tak kuat menahan terjangan gelombang. Satu persatu bangunan, termasuk sarana prasarana milik Dinas Pariwisata Kebumen roboh setelah dihantam ombak, Agustus 2018.

Warga bahkan sempat mengabadikan detik-detik bangunan itu ambruk tersapu gelombang. Bangunan roboh hingga bergemuruh, meski tenggelam oleh suara gemuruh ombak yang keras.

Di antara gemuruh ombak dan reruntuhan bangunan, terdengar jeritan perempuan yang terkaget melihat kejadian mengerikan itu.

"Yang roboh total ada 5 bangunan. Karena gelombang tinggi," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kebumen Eko Widianto, Senin (13/8)

Menurut Eko, dari data sementara pihaknya, jumlah bangunan yang roboh akibat terjangan ombak itu ada lima unit.

Adapun bangunan warung lain yang telah ditinggalkan pemiliknya ikut porakporada. Pantai Suwuk menjadi satu di antara pantai di selatan Kebumen yang terdampak paling parah akibat gelombang tinggi.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved