Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI

Hartono Jalan Kaki Sambil Memanggul Sepeda dari Kendal ke Jakarta

Hartono Jalan Kaki Sambil Memanggul Sepeda dari Kendal ke Jakarta. Dia berangkat dari Patebon, 13 Agustus 2018

Penulis: Dhian Adi Putranto | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG/DHIAN ADI PUTRANTO
Hartono Jalan Kaki Sambil Memanggul Sepeda dari Kendal ke Jakarta. Dia berangkat dari Patebon, 13 Agustus 2018 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Banyak cara yang dilakukan orang untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Indonesia.

Seperti yang dilakukan Ronny Hartono. Pria berusia 40 tahun itu melakukan aksi memanggul sepeda ontel seberat 20kg dan berjalan kaki dari Kendal menuju Jakarta.

Hartono yang merupakan warga desa Purwosari, Patebon Kendal itu memulai aksinya dari kantor Kecamatan Patebon pada Senin, (13/8).

"Mungkin perlu waktu hingga satu bulan untuk sampai Jakarta. Setiba Jakarta saya akan mendatangi tiga tempat, Kosti (Komunitas Sepeda Tua Indonesia) pusat, kemudian Istana Merdeka dan gedung Trans 7," ujarnya.

Ternyata aksi memanggul sepeda ontel ini bukan hal pertama bagi Hartono. Hartono sudah biasa memanggul sepeda tuanya itu sembari dengan mendaki gunung. Bahkan dirinya sudah mendaki 45 gunung dengan mendaki sambil memanggul sepeda.

"Hal itu masih belum apa-apa dengan beratnya perjuangan para pahlawan yang membawa kemerdekaan bagi negara ini. Namun dengan aksi ini saya bisa merasakan secuil beratnya perjuangan para pahlawan," tuturnya.

Berangkat ke Jakarta Hartono hanya bawa bekal uang Rp 100 ribu, surat jalan, peralatan shalat dan peralatan mandi serta baju ganti. Untuk istirahat dirinya memilih menumpang di tempat komunitas sepeda maupun masjid.

"Masih ada cita-cita lainnya yakni mendaki gunung Kilimanjaro Afrika sambil memanggul sepeda juga," tuturnya.

Sementara itu, aksi tersebut mendapat dukungan dari pihak kecamatan Patebon. Agoeng Boediono, camat Patebon menjelaskan aksi yang dilakukan Hartono merupakan bentuk memeriahkan hari Kemerdekaan. Ia berharap banyak lagi warganya yang ikut memeriahkan hari Kemerdeakaan Indonesia ini.

”Saya doakan agar pak Hartono dapat melaksanakan aksinya tanpa adanya kendala serta diberikan kekuatan dan kesehatan sampai kembali ke Kendal” tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved