Breaking News:

Pileg 2019

KPU Umumkan 489 Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Brebes

489 nama bakal calon anggota DPRD Brebes itu dalam DCS itu setelah melalui sejumlah proses pendaftaran

Ketua KPU Brebes
Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM,BREBES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes mengumumkan daftar calon sementara (DCS) bakal calon legislatif atau anggota DPRD Brebes pada Pemilu 2019.

Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi, menuturkan setelah melalui tahap verifikasi perbaikan berkas calon, ditetapkan total ada 489 bakal caleg yang didaftarkan partai politik di Brebes.

"Yang disahkan masuk DCS ada 489," kata Riza, Senin (13/8/2018).

489 nama bakal calon anggota DPRD Brebes itu dalam DCS itu setelah melalui sejumlah proses pendaftaran.

Awalnya, ada 503 bakal caleg yang melakukan pendaftaran awal. Dari jumlah itu, 22 di antaranya mengundurkan diri.

Namun, 12 dari 22 nama yang mengundurkan itu telah diganti orang lain oleh parpol yang bersangkutan. Sedangkan 10 lainnya tidak ada gantinya. Sehingga tersisa 493 orang.

Setelah melalui proses verifikasi perbaikan, ada empat bakal caleg lagi yang tak mampu memenuhi persyaratan sehingga harus dicoret.

"Mereka yang dicoret hingga batas akhir waktu pendaftaran karena tidak mengumpulkan berkas wajib. Di antaranya, mereka tidak mengumpulkan, surat keterangan sehat, tidak ada legalisir ijasah, keterangan dari pengadilan bahwa belum pernah dipidana," jelas Riza.

Empat bakal caleg yang dicoret karena tidak mengumpulkan berkas itu yakni satu dari Partai Hanura, dan tiga dari NasDem.

Secara keseluruhan, kata dia, keterwakilan perempuan dari tiap- tiap parpol dinyatakan KPU Brebes sudah memenuhi syarat dan sesuai peraturan yang ada.

Tahapan selanjutnya, masyarakat dapat memberikan masukan atau tanggapan terhadap DCS dengan menyampaikan ke Kantor KPU Brebes di Jalan MT Haryono No 76 Brebes atau melalui email info@kpu-brebeskab.go.id dengan menyertakan identitas yang jelas. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved