5 Kios Roboh dan 10 Kios Terancam Karena Abrasi di Pantai Suwuk Kebumen

Di Pantai Suwuk Puring Kebumen, setidaknya 10 kios atau warung yang berdiri di pinggir pantai terancam roboh karena gerusan abrasi.

5 Kios Roboh dan 10 Kios Terancam Karena Abrasi di Pantai Suwuk Kebumen
Istimewa
Kondisi bangunan-bangunan kios yang terancam di Pantai Suwuk Kebumen. (ist). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN - Dampak abrasi di sejumlah pantai selatan Kebumen semakin parah. Di Pantai Suwuk Puring Kebumen, setidaknya 10 kios atau warung yang berdiri di pinggir pantai terancam roboh karena gerusan abrasi.

Gardu pandang yang berdiri di antara deretan warung-warung itu pun ikut terancam. Erosi pantai ini terus meluas seiring dengan besarnya gelombang pasang yang tak kunjung mereda.

Ancaman kerusakan ini terlihat dari posisi bangunan yang telah mepet dengan batas garis abrasi. Sebagian pondasi bangunan bahkan sudah terlihat menggantung.

Akibat erosi yang parah, permukaan daratan pinggir pantai itu turun hingga sekitar 6 meter.

Sebelumnya dilaporkan lima bangunan kios lebih dulu roboh atau hancur total karena abrasi.

"Di deretan itu ada 15 kios. Yang 5 kios sudah roboh. Yang terancam 10 warung lagi dengan gardu pandang warna orange,"katanya

BPBD Kebumen pun telah menghitung nilai kerugian dari dampak kerusakan yang terjadi. Masyarakat atau pelaku wisata dipasrikan menelan kerugian materi cukup besar karena musibah ini.

Pihaknya memperkirakan, kerugian akibat bencana di Pantai Suwuk ini mencapai kurang lebih Rp 375 juta. Belum lagi kerugian lain yang berasal dari kerusakan jalan paving sebagai akses wisata sepanjang sekitar 150 meter.

Dampak abrasi terparah lainnya di pesisir selatan Kebumen adalah pantai Petanahan. Di pantai ini, belasan fasilitas umum Mandi Cuci Kakus (MCK) rusak hingga tidak bisa digunakan.

Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved