Tim KKN Mahasiswa Undip di Mororejo Sosialisasi Pentingnya Akta Kelahiran

Tim KKN Mahasiswa Undip di Mororejo Sosialisasi Pentingnya Akta Kelahiran. Acara digelar di Balai Desa Mororejo Kaliwungu

Tim KKN Mahasiswa Undip di Mororejo Sosialisasi Pentingnya Akta Kelahiran
tribunjateng/ist
Tim KKN Mahasiswa Undip di Mororejo Sosialisasi Pentingnya Akta Kelahiran di Balai Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu, Rabu (15/08/2018) 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Tim II KKN Undip Semarang menggelar acara sosialisasi tentang pendampingan pembuatan akta kelahiran, pendampingan dana desa dan sosialisasi mengenai sistem informasi desa.

Acara digelar di Balai Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu, Rabu (15/08/2018) malam.

Acara tersebut dihadiri oleh Perangkat Desa, Ketua RT, Ketua RW, Karang Taruna dan sejumlah masyarakat.

Sukirin dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kendal selaku pembicara, menyampaikan materi Akta kelahiran, Suyuti sekretaris desa yang menyampaikan materi dana desa dan Anggit Wijayanti selaku perwakilan dari Tim II KKN Undip yang menyampaikan materi sistem informasi desa.

Sukirin menyampaikan tentang pentingnya kepemilikan Akta kelahiran yang bisa digunakan untuk keperluan seperti mendaftar sekolah, melamar pekerjaan dan urusan penting lainnya.

Sukirin juga menjelaskan tentang alur pembuatan Akta kelahiran secara lengkap serta kendala yang dihadapi warga Desa Mororejo tentang Akta kelahiran.

Materi dana desa disampaikan oleh Suyuti selaku sekretaris desa yang menjelaskan tentang rincian dana desa Mororejo menjadi sederhana sehingga warga desa mampu memahami maksud dan tujuan dari laporan keuangan yang telah dibuat oleh desa.

“Masyakarat juga diharapkan mampu berpartisipasi dengan mengawasi pendistribusian dana desa Mororejo,” katanya sebagaimana rilis kepada tribunjateng.com

Kemudian tujuan dari pemaparan sistem informasi desa adalah untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh Desa Mororejo melalui sistem informasi berupa website desa yang dapat diakses di mororejo-kaliwungu.sideka.id sehingga tidak hanya warga lokal yang mengetahui tetapi seluruh masyarakat luar bisa mengakses serta digunkaan sebagai media promosi potensi desa.

Harapan tim II KKN Undip Desa Mororejo dalam kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa revolusi mental bagi perangkat desa dan masyarakat desa.

“Kami juga ingin menyadarkan masyarakat akan pentingnya akta kelahiran, partisipasi dan pengawasan dalam pendampingan dana desa serta pentingnya website desa untuk memperkenalkan potensi desa,” pungkasnya. (*)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved