Breaking News:

Hilangkan Kesan Gersang, IKBT Akan Tanam Ribuan Pohon Di Sepanjang Tol Brebes-Pemalang

Guna menghilangkan kesan gersang, 6000 bibit pohon akan ditanam di sekitar wilayah exit toll Kalimati, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Editor: Catur waskito Edy
akhtur gumilang
Saat para anggota IKBT memantau lahan yang akan ditanami 6000 bibit pohon di Exit Toll Kalimati, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (18/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Guna menghilangkan kesan gersang, 6000 bibit pohon akan ditanam di sekitar wilayah exit toll Kalimati, Adiwerna, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Hal itu diinisiasi oleh Ikatan Keluarga Besar Tegal (IKBT) Bahari Ayu untuk membuat dan mempercantik suasana tol terlihat lebih asri.

Rencananya, Presiden RI Joko Widodo pun akan ikut melangsungkan gerakan penanaman pohon itu secara simbolik dalam waktu dekat.

"Bisa akhir Agustus atau awal September 2018. Ribuan bibit pohon ini akan ditanam di wilayah Tol Brebes - Pemalang. Namun titik pusatnya ada di Tegal," ujar Ketua Panitia Pelaksana IKBT Menanam, Tafakurrozak kepada Tribunjateng.com, Sabtu (18/8/2018).

Menurut dia, kegiatan ini didukung penuh beberapa pihak terkait, bahkan pihak Waskita Karya PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR) selaku pelaksana proyek tol sangat setuju akan ide penghijauan di sekitar wilayah tol.

"Tak hanya itu, dari Pemkab Tegal, Pemkot Tegal, Dewan Ketahanan Nasional, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, dan Perum Perhutani mendukung inisiasi ini," tambah Tafakkurozak.

Dia menambahkan, jenis pohon yang akan ditanami meliputi, pohon trambesi, pohon buah-buahan (Durian, Jambu), Sangon, Mahoni, Albizia, dan pohon-pohon berjenis daun lebal lainnya.

Tafakkurozak meyakini bahwa ide kawan-kawan IKBT mencetus gerakan penanaman pohon merupakan yang pertama di Indonesia.

Sebab, hampir sebagian besar panjang ruas tol yang ada di Indonesia mengalami kondisi gersang karena hanya didominasi beton.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved