Idul Adha 2018

Dinas Peternakan Brebes Antisipasi Penyakit Antraks pada Hewan Kurban

Dinas Peternakan Brebes memastikan bahwa hewan kurban untuk Idul Adha dalam kondisi sehat dan bebas antraks.

Dinas Peternakan Brebes Antisipasi Penyakit Antraks pada Hewan Kurban
tribunjateng/mamdukh
Dinas Peternakan Brebes memastikan bahwa hewan kurban untuk Idul Adha dalam kondisi sehat dan bebas antraks. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Peternakan memastikan bahwa hewan kurban untuk Idul Adha dalam kondisi sehat dan bebas antraks.

Untuk mengantisipasi hewan kurban bebas dari penyakit itu, Dinas Peternakan intensif melakukan pemeriksaan ke sejumlah kandang dan sentra penjualan hewan.

Sehari menjelang Lebaran kurban, sapi dan kambing biasanya masih di kandang sebelum dikirim ke lokasi penyembelihan di kampung- kampung.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Brebes, Jhoni Murahman, menuturkan pemeriksaan untuk mengantisipasi penularan penyakit hewan semisal antraks.

"Antraks dan TBC merupakan penyakit sapi yang harus diwaspadai mengingat Brebes merupakan jalur lalu lintas pengiriman ternak. Sehingga sangat mudah tertular penyakit hewan yang berasal dari luar daerah," kata Jhoni, Selasa (21/8/2018).

TBC dan antraks sangat diwaspadai karena bersifat zoonosis. Artinya kedua penyakit itu bisa menular ke manusia yang memakannya.

Menurutnya, setiap hari ada pengiriman ternak dari luar daerah yang menuju Jakarta dan melintas di Brebes.

Belum lagi ada beberapa pasar yang kerap menampung hewan dari luar daerah. Pasar hewan merupakan tempat paling rawan terhadap penularan penyakit ternak.

"Karena itu, pemeriksaan intensif di sentra penjualan hewan dilakukan. Apalagi menjelang Idul Adha, jumlah hewan dari luar yang masuk makin bertambah. Tidak menutup kemungkinan ada yang membawa penyakit," ujarnya.

Hewan yang mengidap penyakit ini, kata dia, tidak dianjurkan untuk dijadikan kurban meski sudah diobati.

Menjelang pelaksanaan Lebaran kurban, Dinas Peternakan sudah melakukan tahapan pemeriksaan. Mulai dari mendatangi kandang, dan pasar hewan.

Ada beberapa pasar hewan di Brebes yang diperiksa antara lain Pasar Wage di Bumiayu, Sitanggal, Ketanggungan, Jatibarang dan Sirampok.

Petugas juga akan mendatangi tempat pemotongan saat hari-H. (*)

Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved