KKN Undip Bikin Sistem Informasi Desa Wonorejo makin Transparan

KKN Undip di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal membuatkan sebuah sistem informasi desa.

KKN Undip Bikin Sistem Informasi Desa Wonorejo makin Transparan
tribunjateng/rival almanaf/ist
KKN Undip di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal membuatkan sebuah sistem informasi desa. 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Rival Almanaf

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim Dua Kuliah kerja nyata (KKN) Undip yang diterjunkan di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal membuatkan sebuah sistem informasi desa.

Dengan akronim Sideka, atau sistem informasi desa dan kawasan mereka membuat sebuah website untuk Desa Wonorejo. Dalam laman tersebut nantinya akan bisa diakses segala hal tentang desa.

Informasi yang bisa diakses mulai sistem organisasi desa, aktivitas-aktivitas desa, potensi yang ada di Wonorejo, hingga ketersaluran dana desa yang dipakai pemerintah.

"Sideka ini bertujuan untuk mempublikasikan informasi-informasi desa kepada masyarakat luas. Selain itu, website desa jiga dapat berfungsi sebagai media branding desa wonorejo sendiri," beber salah satu mahasiswa, Rizki Edo dalam keterangan pers yang dikirim ke Tribun Jateng, Rabu (22/8/2018).

Ia memaparkan pembuatan website tersebut dalah wujud dari salah satu titipan program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang diusung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemanusian dan Sumber Daya.

Kemenko menggaet beberapa universitas negeri dalam menggalakkan program-program revolusi mental. Undip, salah satu universitas yang ditunjuk untuk menyelipkan poin-poin revolusi mental dalam program KKN tahun ini.

"Pada intinya kami diminta untuk mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat desa. Indikatornya mencakup 4 kegiatan yakni, pendampingan pemanfaatan dana desa, pembuatan akta kelahiran, pembuatan sistem informasi desa dan sosialisasi pelayanan senyum,salam,sapa," terangnya.

Oleh karena itu, pembuatan website juga menjadi langkah untuk melakukan pendampingan pemanfaatan dan transparansi dana desa sehingga dapat diketahui alur pemanfaatan oleh masyarakat luas.

Dengan adanya langkah itu timnta berharap transparansi dana desa dapat lebih diketahui oleh masyarakat serta menjalin rasa saling percaya antara warga dan perangkat desa. (*)

Penulis: rival al-manaf
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved