Ketika Polwan Cantik Padati Jalanan Kota Purwokerto dan Unjuk Kekuatan

Hingga pemandangan beda terlihat di jalanan kota yang dipadati iring-iringan kendaraan Polwan

Ketika Polwan Cantik Padati Jalanan Kota Purwokerto dan Unjuk Kekuatan
Istimewa
Polwan Polres Banyumas keliling kota pakai kendaraan dinas dalam peringatan HUT Polwan 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Peran Polisi Wanita (Polwan) di institusi Kepolisian tak bisa dipandang remeh. Dalam menjalankan fungsinya, Polwan bahkan memiliki kelebihan tertentu yang belum tentu dimiliki polisi pria. Sayang komposisi Polwan di institusi itu masih belum cukup ideal.

Di Polres Banyumas misalnya, baru ada sekitar 80 Polwan dari total anggota yang mencapai kisaran 1.430 orang.

Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-70 Polisi Wanita tahun ini jadi momentum bagi Polwan untuk memperkuat posisi tawarnya.

Karena itu, Polres Banyumas memberikan kesempatan bagi para
Polwannya untuk unjuk kekuatan (show of force) . Seluruh Polwan berkeliling kota Purwokerto mengendarai sejumlah kendaraan polisi, baik sepeda motor maupun mobil.

Hingga pemandangan beda terlihat di jalanan kota yang dipadati iring-iringan kendaraan Polwan.

Pelepasan kegiatan dilakukan oleh Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun dari Jalan Kabupaten sebelah utara Alun-Alun Purwokerto, Kamis (23/8) pagi.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun mengatakan, ini adalah kegiatan simpatik yang digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-70 Polwan yang jatuh pada tanggal 1 September 2018.

"Kegiatan diawali dengan patroli bersama yang dilakukan oleh seluruh polwan Polres Banyumas serta pembagian cendera mata berupa 1.500 bolpoin untuk pelajar yang melintas di Jalan Jenderal Soedirman sebelah selatan Alun-Alun Purwokerto," katanya. (*)

Bambang menambahkan, kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan dan menginformasikan kepada seluruh masyarakat Banyumas tentang eksistensi.

Kegiatan itu sekaligus menegaskan, Polwan secara aktif melaksanakan tugas-tugas kepolisian layaknya polisi laki-laki. Mereka bukan hanya bekerja di belakang meja atau menjadi pelengkap , melainkan bagian dari tenaga inti Polri.

"Kegiatan tersebut diharapkan membuat masyarakat membuka matanya dan mengetahui bahwasanya polwan sangat eksis dan diandalkan oleh Polres Banyumas. Sehingga mereka tertarik untuk menjadikan putri nya menjadi Polwan,"katanya

Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved