Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI

Ini Daftar Peraih Juara di Festival Kentongan Banyumas

Dinporabudpar Kabupaten Banyumas mengumumkan enam pemenang lomba Festival Kentongan Tingkat Kabupaten Tahun 2018.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: iswidodo
TRIBUNJATENG/IST
Dinporabudpar Kabupaten Banyumas mengumumkan enam pemenang lomba Festival Kentongan Tingkat Kabupaten Tahun 2018. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas mengumumkan enam pemenang lomba Festival Kentongan Tingkat Kabupaten Tahun 2018.

Festival yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-73 pada Sabtu (25/8) lalu itu, menempatkan Purwokerto Selatan sebagai Jawara

Sekretaris Dinporabudpar Suwondo mengatakan, festival ini untuk melestarikan dan mengembangkan musik thek-thek kentongan, serta mengangkat potensi grup-grup musik tradisional dalam rangka peringatan HUT RI ke 73. Ia mengklaim festival kali ini berlangsung sukses meriah dengan kualitas peserta yang rata-rata bagus.

“Sebagai juara pertama adalah Juara 1 Kecamatan Purwokerto Selatan, Juara 2 Kecamatan Purwokerto Timur, Juara 3 Kecataman Sumbang. Sedangkan Juara harapan 1 diraih oleh Kecamatan Kembaran, Harapan 2 Kecamatan Kedungbanteng dan Harapan 3 Kecamatan Baturraden,” katanya

Penilaian didasarkan pada penggarapan musikalisasi kentong yang mempunyai bobot tertinggi 50 persen, kemudian penggarapan vocal 20 persen, serta kreatifitas jalan, koreografi dan busana/poperti masing masing 10 persen

“Peserta diberi kesempatan untuk display di garis start dengan alokasi waku 5 menit, dengan membawakan lagu yang sudah disepakati,” jelasnya

Para pemenang festival kentongan tersebut, menerima hadiah masing-masing Rp 5 juta untuk juara 1, juara II Rp 3,5 juta, juara III, 2.5 juta. Sementara juara harapan mendapatkan; Rp 2 juta harapan 1, harapan II Rp 1,5 juta dan harapan III 1 juta.

“Selain itu, seluruh peserta yang terdiri dari 27 group juga menerima biaya bantuan transportasi sebesar Rp 2.150.000,-,” tambahnya.

Sebelumnya, sebanyak 27 grup kentongan perwakilan Kecamatan se-Kabupaten Banyumas diadu dalam festival kentongan dengan rute Alun-alun Kota Purwokerto dan sepanjang jalan Jenderal Soedirman Purwokerto sampai perempatan Pasar Wage.

Dalam festival kentongan ini, setiap peserta dalam satu grup kentongan berjumlah 37-45 pemain. Adapun alat musik yang digunakan meliputi angklung, bedug bas, bedug celo, eret-eret, tamborin, kentong minimal 20, dan mayoret. Jumlah penari dibatasi maksimal 9 orang.

Mereka membawa properti dan busana warna warni dengan koreografi yang atraktif. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved