UKM White Campus Poltekkes Kemenkes Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Pahami Karakter Hoaks

UKM White Campus Poltekkes Kemenkes Semarang, menyelenggarakan Seminar Jurnalistik yang bertema “Satu Goresan Sejuta Perubahan”.

UKM White Campus Poltekkes Kemenkes Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Pahami Karakter Hoaks
Istimewa
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) White Campus Poltekkes Kemenkes Semarang, pada Minggu (26/8/2018), menyelenggarakan Seminar Jurnalistik yang bertema “Satu Goresan Sejuta Perubahan”. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) White Campus Poltekkes Kemenkes Semarang, pada Minggu (26/8/2018), menyelenggarakan Seminar Jurnalistik  yang bertema “Satu Goresan Sejuta Perubahan”.

Melalui tema tersebut, diharapkan peserta  dan anggota UKM White Campus mampu menangkap sejuta ilmu pengetahuan untuk perubahan di masa mendatang.

Ketua panitia, Miladia Gita melalui keterangan persnya pada Tribunjateng.com, mengungkapkan, Seminar Jurnalistik diselenggarakan guna mewujudkan program kerja UKM White Campus yang merupakan UKM di bidang jurnalistik.

Hadir sebagai narasumber yakni Isdiyanto Isman, SIP sebagai Sekretaris PWI Jawa Tengah.

Isdiyanto menyampaikan materi mengenai mengatasi berita hoaks dalam perspektif jurnalistik.

Selain itu, Anggi Pradipta seorang penulis Wattpad, Webtoon, dan Ciayo Comic turut berkesempatan hadir dalam acara tersebut.

Acara ini dihadiri sekitar 400 peserta dari berbagai jurusan di Poltekkes Kemenkes Semarang.

Acara ini bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan kemampuan jurnalistik bagi seluruh anggota White Campus serta peserta Seminar Jurnalistik, supaya pandai memilah-milah berita dengan sumber kebenaran yang jelas.

Sebuah berita dapat dipercaya apabila terdapat sumber redaksi, alamat redaksi, serta memiliki badan hukum resmi.

Isman menyampaikan bahwa sebagai media pers harus menyampaikan berita yang mampu memberi nilai positif dan bermanfaat kepada publik yang dikedepankan sesuai degan kode etik jurnalistik.

Bukan hanya itu, masyarakat yang mendapati berita hoaks berasal dari situs illegal, wajib turut serta mengawasi serta melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Bagi sebagian mahasiswa yang tertarik di bidang jurnalistik, acara ini bisa menjadi bekal ladang bisnis mereka yang ingin mengembangkan karir sebagai penulis wattpad, webtoon maupun komik. Mereka telah mendapatkan tips-tips menulis yang baik dari Anggi Pradipta.

Seminar ini diharapkan dapat membawa manfaat yang signifikan bagi peserta Seminar Jurnalistik, khususnya anggota White Campus.

“Seminar Jurnalistik 2018 ini merupakan program kerja pertama kita, Dengan berlangsungnya seminar ini, diharapkan kita semakin paham betul dalam mendalami bidang jurnalistik khususnya dari crew UKM White Campus”, tuturnya.(*)

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved