Ini Alasan BTN Tak Akan Berikan DP KPR 0 Persen

Berdasarkan hal tersebut, BI telah memberikan pelonggaran terhadap uang muka, bahkan bisa sampai 0 persen.

Ini Alasan BTN Tak Akan Berikan DP KPR 0 Persen
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyatakan tak tertarik menerapkan Kredit Pemilikan Rumah ( KPR) tanpa down payment (DP) 0 Persen alias bebas uang muka.

Hal itu disampaikan BTN guna menanggapi relaksasi loan to value (LTV) yang diberikan oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berdasarkan hal tersebut, BI telah memberikan pelonggaran terhadap uang muka, bahkan bisa sampai 0 persen.

Begitu pun dengan OJK yang merelaksasi beberapa ketentuan seperti mengubah perhitungan ATMR, mengubah larangan pemberian kredit untuk pengolahan tanah bagi pengembang, mendorong pendanaan KPR melalui sekuritisasi, meningkatkan batas pembiayaan dengan agunan, dan meningkatkan koordinasi dengan instansi lain.

"Kredit subsidi kan memang sudah bebas, bisa DP satu persen. Apakah kami bakal sampai nol persen? Tidak, kami enggak akan memberikan fasilitas itu," ucap Direktur Keuangan BTN Iman Nugroho Soeko di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin (27/8/2018).

Keputusan tersebut tak terlepas dari niatan BTN yang ingin mengedukasi masyarakat agar bisa bertanggung jawab ketika mulai membeli rumah melalui fasilitas KPR.

"Ini untuk alasan pendidikan, artinya ketika orang berkeinginan mengambil KPR, maka dia harus belajar menabung untuk bisa membayar. Jadi mengambil KPR adalah keputusan besar," terang Iman.

Iman menambahkan, saat ini uang muka terendah yang diberikan BTN adalah sebesar satu persen. Program tersebut diberikan untuk permintaan KPR tertentu.

Di sisi lain, tanpa kebijakan DP 0 persen, bank berkode emiten BBTN tersebut mencatat pertumbuhan penyaluran KPR selama semester I 2018.

Penyaluran KPR dan pembiayaan pemilikan rumah (PPR) hingga Juli 2018 tercatat sebesar Rp 157,55 triliun.

Posisi tersebut naik sekitar 22,07 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari Rp 129,07 triliun pada Juli 2017.

“Kami pun terus melakukan berbagai inovasi dan transformasi untuk menggarap peluang bisnis yang ada. Bank BTN juga terus menggelar promosi untuk meningkatkan penyaluran kredit perseroan secara keseluruhan terutama KPR,” kata Iman. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BTN Pastikan Tak Berikan DP KPR 0 Persen, Ini Alasannya"

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved