Penumpang Belum Tahu Terminal Terboyo akan Ditutup

Penumpang Belum Tahu Terminal Terboyo akan Ditutup. Dishub Kota Semarang akan menutup Terminal Terboyo mulai 1 September 2018.

Penumpang Belum Tahu Terminal Terboyo akan Ditutup
tribunjateng/m zainal arifin
Sejumlah bus AKAP terparkir di Terminal Terboyo sembari menunggu penumpang, Selasa (28/8/2018). Rencananya, Dishub Kota Semarang akan menutup terminal tersebut dan mengalihkan bus ke Terminal Mangkang untuk AKAP dan Terminal Penggaron untuk AKDP. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang akan menutup Terminal Terboyo mulai 1 September 2018. Bus-bus antar kota antar provinsi (AKAP) akan dialihkan ke Terminal Mangkang. Sedangkan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dialihkan ke Terminal Penggaron.

Penutupan dan pemindahan tersebut dilakukan seiring akan dimulainya pembangunan Terminal Terboyo usai beralih status. Sebelumnya, Terminal Terboyo berstatus tipe A yang diperuntukkan bus penumpang, menjadi tipe C untuk terminal peti kemas dan angkutan barang.

Sejumlah bus AKAP terparkir di Terminal Terboyo sembari menunggu penumpang, Selasa (28/8/2018). Rencananya, Dishub Kota Semarang akan menutup terminal tersebut dan mengalihkan bus ke Terminal Mangkang untuk AKAP dan Terminal Penggaron untuk AKDP.
Sejumlah bus AKAP terparkir di Terminal Terboyo sembari menunggu penumpang, Selasa (28/8/2018). Rencananya, Dishub Kota Semarang akan menutup terminal tersebut dan mengalihkan bus ke Terminal Mangkang untuk AKAP dan Terminal Penggaron untuk AKDP. (tribunjateng/m zainal arifin)

Hanya saja, rencana penutupan tersebut belum tersosialisasikan dengan baik. Mayoritas penumpang yang masih menggunakan Terminal Terboyo, belum mengetahui rencana terminal akan ditutup dan dibongkar.

"Kalau isu terminal dipindah, sudah dengar sejak lama. Hanya kalau ditutup mulai 1 September, saya tidak tahu," kata seorang penumpang, Andi Kurniawan, saat ditemui di Terminal Terboyo, Selasa (28/8/2018).

Warga Pati itu sudah bertahun-tahun menggunakan jasa bus di Terboyo untuk pulang ke kampung halamannya usai bekerja di sebuah perusahaan di Kota Semarang. Setidaknya, dirinya dua kali pulang pergi Semarang-Pati dalam waktu seminggu.

Setelah mendengar rencana penutupan, Andi mengaku tidak tahu harus mencari bus di mana nantinya. Pasalnya, bus yang kerap dinaikinya tidak mungkin standby (ngetem) di tepi jalan depan Terminal Terboyo.

"Mungkin saya akan naik taksi sampai pertigaan Genuk. Baru di sana mencari bus untuk pulang ke Pati," tuturnya.

Senada disampaikan Riska Setyowati. Penumpang asal Kudus tersebut bingung dan tidak tahu harus mencari bus di mana jika akan pulang ke rumahnya.

"Belum tahu kalau akan ditutup total terminalnya. Kalau ditutup, nanti nyari busnya di mana? Kayaknya tidak mungkin di depan ada bus yang ngetem," katanya. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved