Breaking News:

Dinas Kelautan dan Perikanan Pekalongan Edukasi Budidaya Lele Metode Bioflok

Pernah dengar budidaya lele yang mengaplikasikan metode bioflok? Memang sedikit asing di telinga,

Penulis: budi susanto | Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Dinas Keluatan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan saat memperlihatkan produk unggulan olahan ikan dan budidaya lele dengan metode bioflok, Kamis (30/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pernah dengar budidaya lele yang mengaplikasikan metode bioflok?

Memang sedikit asing di telinga, pasalnya bioflok sedkit jarang diterapkan oleh masyarakat.

Namun dengan menerapkan metode ini tingkat hasil panen bisa 10 kali libat ketimbang budidaya dengan cara biasa.

Dijelaskan Kepala dinas kelautan dan perikanan kabupaten Pekalongan Sirhan. Metode bioflok memanfaatkan nitrogen anorganik menjadi nitrogen organik yang tidak beracun. Dan nitrogen yang sudah diubah tersebut bisa digunakan untuk pakan lele, sehingga lebih hemat biaya.

"Metode bioflok yakni suatu sistem pemeliharaan ikan lele yang menumbuhkan suatu mikroorganisme, yang memiliki fungsi untuk menggelola limbah budidaya. Hingga menjadi gumpalan kecil (flok) yang bisa dimanfaatkan langsung sebagai makanan alami," jelasnya saat memamerkan produk unggulan UMKM di Pemkab Pekalongan, Kamis (30/8/2018).

Menurut Sirhan, Pertumbuhan mikrooganisme ditumbuhkan dengan cara memberikan probiotik atau kultur bakteri non pathogen ke air tempat memelihara ikan lele, dan juga dilakukan pemasangan aerator penyuplai oksigen sekaligus untuk mengaduk air dalam kolam.

"Mungkin masyarakat belum banyak yang mengetahui jadi antusias masyarakat untuk belajar mengenai budi daya ikan cukup tinggi," katanya.

Selain menampilkan cara budidaya lele dengan metode bioflok, dalam acara tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan juga nemampilkan produk-produk perikanan lainya.

"Ada produk olahan ikan yang di tampilkan juga, diantaranya bandeng presto, pindang, panggang, ikan kering dan hasil olahan lainnya," timpalnya.(*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved