Pengaduan PJU dan Taman Kota Salatiga Silakan Pakai Aplikasi Si Dian Maju

Aplikasi Sistem Dini Penanganan Permasalahan Taman dan Penerangan Jalan Umum yang kemudian disingkat Si Dian Maju

Pengaduan PJU dan Taman Kota Salatiga Silakan Pakai Aplikasi Si Dian Maju
tribunjateng/deni setiawan
Bertempat di Ruang Plumpungan Gedung Setda Lantai IV Kompleks Kantor Pemkot Jalan Letjend Sukowati Nomor 51 Kota Salatiga, secara resmi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga meluncurkan aplikasi Si Dian Maju, Kamis (30/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Bertempat di Ruang Plumpungan Gedung Setda Lantai IV Kompleks Kantor Pemkot Jalan Letjend Sukowati Nomor 51 Kota Salatiga, secara resmi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga meluncurkan aplikasi Si Dian Maju, Kamis (30/8/2018).

Aplikasi Sistem Dini Penanganan Permasalahan Taman dan Penerangan Jalan Umum yang kemudian disingkat Si Dian Maju itu secara khusus ditujukan guna percepatan penanganan atau tindaklanjut atas berbagai keluhan terkait taman maupun lampu penerangan di Kota Salatiga.

Kepala DLH Kota Salatiga Prasetyo Ichtiarto menyampaikan, melalui sistem aplikasi itu diharapkan dapat semakin mempercepat serta mempermudah bagi warga yang hendak mengadu, melapor ketika ada pemanfaatan penerangan jalan umum (PJU) di Kota Salatiga. Termasuk juga di dalamnya ketika ada oknum yang merusaknya.

“Aplikasi itu juga bisa digunakan apabila ada kejadian pohon tumbang di tepian jalan di Kota Salatiga. Ini adalah terobosan baru kami. Dan sebagai bentuk komitmen kami untuk semakin optimal dalam melayani masyarakat, terutama berkait kepentingan publik,” tandasnya kepada Tribunjateng.com, Kamis (30/8/2018).

Dalam sambutan tertulisnya dalam peluncuran aplikasi itu, dia berkata, PJU merupakan bagian penting dan tidak bisa terpisahkan terhadap keberadaan jalan. Dari PJU itu juga bisa membantu masyarakat yang melintas dalam kaitannya kenyamanan serta keamanan khususnya saat malam hari.

“Dan dalam hal itu kami juga butuh komitmen bersama atas keberadaannya untuk dapat pengelola, memelihara, serta merawatnya. Setidaknya peduli terhadap keberadaan PJU di Kota Hati Beriman ini. Peduli itu contoh sederhananya adalah ketika melihat ada yang merusak, segera lapor kepada kami,” tutur Prasetyo.

Itu pula menurutnya, yang menjadi alasan DLH Kota Salatiga membuat aplikasi berbasis Android. Aplikasi itu juga bisa secara mudah diunduh pada Playstore secara gratis. Kapanpun dan di manapun, mereka bisa memanfaatkannya. Tanpa berlama-lama, mereka bisa melaporkan ketika ada tindakan kriminal berkait PJU itu.

“Kami pasti akan segera menindaklanjutinya, termasuk juga berkoordinasi secara lintas sektoral. Semisal ada oknum yang hendak merusak, kami akan menindaklajutinya bersama pihak kepolisian. Ketika ada PJU yang rusak atau padam, kami akan koordinasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN),” tuturnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved