DLH Kabupaten Semarang Sudah Uji PH Tanah dan Suhu Kali Penthung

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang telah melakukan berbagai proses.

DLH Kabupaten Semarang Sudah Uji PH Tanah dan Suhu Kali Penthung
TRIBUN JATENG/DENI SETIAWAN
Sudah Lama Warga Kupang Kidul Keluhkan Hasil Limbah RPH Ambarawa

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN - Menindaklanjuti keluhan warga Lingkungan Tegal Bulu Kelurahan Kupang Kidul Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang telah melakukan berbagai proses.

“Satu di antaranya adalah melakukan uji kadar PH tanah serta suhu di aliran air Kali Penthung yang diduga tercemar limbah dari Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ambarawa.

Semua sudah kami ukur dan dapat dipastikan memang sungai di sana sudah tercemar,” tandas Kepala DLH Kabupaten Semarang Nurhadi Subroto.

Kepada Tribunjateng.com, Jumat (31/8/2018), Nurhadi pun berterima kasih kepada masyarakat khususnya warga Kupang Kidul yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan.

Sebab menurutnya, pemerintah tidak bisa bekerja atau menjalankan kinerjanya sendiri.

“Kami justru berterima kasih atas aduan, keluhan, serta pelaporan tersebut. Karenanya kami tindaklanjuti. Termasuk juga berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Pangan Kabupaten Semarang yang membawahi RPH Ambarawa itu,” tuturnya.

Nurhadi berkata, pada intinya, dinas setempat melalui RPH Ambarawa itu secara nyata harus membenahi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang diketahui sudah tidak berfungsi secara optimal.

“Rekomendasi yang juga sudah kami sampaikan ke dinas terkait itu adalah untuk segera dibenahi IPAL tersebut.

Atas munculnya permasalah tersebut, kami juga akan semakin giat dalam mengawasi seluruh RPH maupun RPU di Kabupaten Semarang, khususnya terkait IPAL,” ucapnya.

Halaman
12
Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved